Sains

Benarkan Petir Bisa Sambar Alat Elektronik? Ini Penjelasannya

Ini penjelasan soal apakah petir bisa sambar alat elektronik atau tidak.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi petir dan listrik. (Pixabay)
Ilustrasi petir dan listrik. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah petir bisa menyambar alat elektronik hingga membuatkan kerusakan fatal? Sebagaimana banyak orang merasa takut ketika ada kilatan petir di langing.

Saat ada petir, sebagian orang akan langsung mematikan ponsel atau alat elektronik lainnya karena takut tersambar. Lantas, benarkan petir dapat menyambar alat elektronik? 

Simak berikut ini penjelasan ilmiah mengenai kebenaran petir yang katanya bisa menyambar alat elektronik. 

1. Terjadi Lonjakan Listrik saat Petir Menyambar

Dikutip dari CNET (28/6/2021), Department of Homeland Security memberi saran agar mencabut semua alat elektronik. Sebab, saat petir menyambar tiang listrik menimbulkan lonjakan listrik meledak lewat saluran listrik.

Contohnya, stop kontak di AS (Amerika Utara) didesain dengan daya 120 volt serta daya tahan hingga 169 volt. Maka, jika petir menimbulkan lonjakan listrik, tegangannya dapat mencapai 169 volt.

Padahal umumnya, perangkat elektronik tidak didesain untuk menahan beban listrik sebanyak itu. Meskipun jarang terjadi lonjakan listrik, namun ada baiknya tetap cabut peralatan elektronik.

Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)
Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)

2. Sekring Tak Mampu Melindungi Alat Elektronik dari Petir

Menurut CNET, sekring (pelindung lonjakan arus) tidak mampu melindungi alat elektronik saat terjadi lonjakan listrik yang diakibatkan oleh petir. 

Sebab sekring didesain hanya untuk melindungi alat elektronik dari lonjakan kecil pada jaringan listrik. Adapun benda yang dapat melindungi alat elektronik dari petir yakni whole-house surge protectors. Namun harga alat itu cukup mahal.

3. Petir Dapat Mengalir Lewat Pipa dan Air

Dilansir dari Taste of Home, terdapat alasan dan penjelasan ilmiah kenapa saat ada petir dianjurkan tidak menggunakan pipa ledeng, seperti mandi, mencuci piring, dan mencuci tangan.

John Jensenius selaku spesialis keamanan petir dari National Weather Service menyampaikan, bahwa sambaran petir mengalirkan listrik lewat pipa dan air, yang mana jika menyentuhnya bisa menyetrum kita. 

4. Alat Elektronik Berpotensi Berbahaya

Saat ada petir, hindari penggunaan perangkat elektronik berkabel, seperti komputer, pemanggang roti, mixer, blender, televisi, serta telepon rumah.

John Jensenius, kembali menambahkan bahwa alat elektronik yang menempel pada dinding atau terhubung ke pipa berpotensi berbahaya. Sebab petir mampu menyambar mencapai jarak hingga 16 km.

Oleh karena itu, jika ada petir, pastikan untuk menghentikan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan listrik, hingga cuaca membaik.

Jadi apakah benar jika petir bisa menyambar alat elektronik? Jawabannya, iya.

Oleh karena itu, pastikan untuk menunda terlebih dulu penggunaan alat elektronik saat ada petir ataupun hujan deras. (Suara.com/ Ulil Azmi).

Berita Terkait