Gadget

Main Ponsel saat Hujan Petir Berbahaya? Ini Fakta Sebenarnya

Apakah berbahaya? Yuk simak jawabannya.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)
Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

Hitekno.com - Banyak pertanyaan apakahh benar jika bermain HP saat hujan petir berbahaya? Pertanyaan ini sering terlintas saat musim hujan tiba. Namun banyak dari kita aktivitas tergantung pada HP. 

Beberapa wilayah di Indonesia sendiri tengah masuk musim hujan, padahal saat musim hujan biasanya disertai dengan kilatan petir. 

Dengan melihat kilatan petir dan suara guntur yang menggelegar akan membuat kita takut untuk melakukan aktivitas salah satunya adalah bermain atau menggunakan ponsel saat hujan petir.

Petir bermuatan listrik negatif yang menarik listrik positif yang menyebabkan terjadinya petir. Petir saat yang menyambar apapun terutama benda-benda ynang dialuri arus listrik seperti tiang listrik.

Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)
Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)

 

Oleh karena itu dilarang untuk berteduh diatas pohon, berada di ruang terbuka saat hujan karena dua hal tersebut akan membuka peluang tersambar petir.

Kita seringkali mendengar pernyataan bahwa bermain ponsel saat hujan petir akan berbahaya pada nyawa kita. Hal itu merupakan pernyataan mitos atau tidak benar karena ponsel saat ini tidak tersambung dengan koneksi kabel namun wireless.

Bermain ponsel tidak berbahaya jika digunakan tanpa mencolokkan kabel charger ke ponsel saat digunakan. Petir yang menyambar akan mengaliri arus listrik yang membuat siapapun atau apapun yang bermuatan listrik akan terkena sambarannya.

Kini banyak rumah yang memiliki penangkal petir dan jaringan listrik di rumah yang baik senantiasa memiliki ground yang tersambung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

Tips bermain ponsel saat hujan

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

 

Meskipun pernyataan main ponsel saat hujan petir berbahaya adalah mitos tapi sebaiknya kalian mengikuti tips berikut.

Hindari peralatan listrik segala jenis, termasuk smartphone yang tersambung ke aliran listrik saat mengisi daya atau charge.

Lepas ponsel dari aliran listri atau charge saat terjadi hujan. Hal ini juga berlaku pada laptop, komputer dan gadget lainnya.

Listrik petir bisa merambat melalui sistem elektrik dan radio serta sistem antena televisi, hindari penggunaan telepon kabel.

Hindari dinding dan lantai beton, hindari dinding atau lantai beton karena aliran listrik bisa merambat melalui logam besi atau kawat yang menjadi rangka beton.

Selain itu, hindari penggunaan air pada saat badai petir. arus listrik petir bisa mengalir melalui pipa ledeng.

Setelah mendengar penjelasan di atas, sekarang sudah paham kan, semoga bermanfaat. (Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait