Sains

Mengenal Gustave, Buaya Raksasa yang Dirumorkan Memakan 300 Manusia

Legenda mengenai Gustave berhasil memancing perhatian ilmuwan.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi mata buaya. (Pixabay/  Evren Ozdemir)
Ilustrasi mata buaya. (Pixabay/ Evren Ozdemir)

Hitekno.com - Banyak sekali legenda mengenai makhluk mitologi dan monster dengan bentuk tak masuk akal. Namun legenda sang buaya raksasa Gustave, berhasil memacing perhatian ilmuwan.

Gustave merupakan seekor hewan yang mendapatkan status legendaris di Burundi. Perlu diketahui, Burundi merupakan negara yang terkurung daratan di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika.

Belum diketahui secara pasti mengenai ukuran Gustave, namun beberapa orang setempat berspekulasi panjangnya mencapai 12 meter. Beberapa ada yang mengklaim warnanya kemerahan atau kekuningan.

Namun peneliti memperkirakan bahwa Gustave mungkin merupakan salah satu buaya terbesar di Afrika dengan panjang sekitar 6 meter dan berat 907 kilogram. Bukan ukuran tubuhnya, namun Gustave terkenal karena memakan korban manusia dalam jumlah besar.

Dilansir dari IFLScience, buaya raksasa Gustave dirumorkan telah membunuh 300 manusia. Gustave dinamai oleh Patrice Faye, seorang herpetologis yang telah mempelajari dan menyelidikinya sejak akhir 1990-an.

Ilustrasi buaya raksasa. (Pixabay/ Frank P. )
Ilustrasi buaya raksasa. (Pixabay/ Frank P. )

Hewan tersebut mulai tersohor saat namanya muncul dalam tayangan "Capturing the Killer Croc" milik PBS di tahun 2004. Mengingat banyak orang yang mengaku kehilangan kerabat terdekat di sekitar lokasi dan belum ditangkapnya Gustave oleh ilmuwan sekalipun, keberadaannya bahkan mendekati sebuah mitos tersendiri.

Meski begitu, ilmuwan bernama Faye mengungkapkan bahwa belasan orang telah hilang sepanjang sungai dan tepi danau.

Penduduk setempat di Danau Tanganyika sangat takut terhadap keberadaan Gustave karena buaya tersebut dilaporkan memakan nelayan, menyeret, serta "mandi" dalam perjalanannya.

"Dia bisa memakan 10, 15 atau 20 orang di sepanjang sungai. Satu tahun, saya mengikuti rute yang mungkin diambil Gustave dan menemukan 17 orang telah dimakan antara Kanyosha dan Minago, serta Kabezi dan Magara," kata Faye kepada BBC.

Pada tahun 2004, sekelompok orang berusaha menangkap buaya raksasa serta memindahkannya demi keselamatan penduduk di dekat Danau Tanganyika.

Tim yang dipimpin oleh Faye mencoba memancing buaya tersebut ke dalam jebakan sepanjang 9 meter namun tidak berhasil. Upaya terakhir yang dilakukan adalah meletakkan seekor kambing ke dalam perangkap.

Setelah beberapa malam hanya melihat sekilas tentang makhluk yang dicurigai sebagai Gustave, tim mulai berspekulasi bahwa "Gustave lebih pintar dari yang kita pikirkan". Pada malam terakhir, tim peneliti menemukan bahwa kamera night vision telah mati di mana perangkap sudah terbalik ke dalam air, dan seekor kambing tersebut juga menghilang.

Menurut penduduk setempat, banyak yang mencoba membunuh Gustave namun selalu gagal. Popularitas Gustave yang dirumorkan memakan 300 manusia menjadikan makhluk tersebut sebagai legenda tersendiri di Burundi.

Berita Terkait