Sains

Hidup Ratusan Meter Bawah Laut, Hewan Ini Malah Terdampar di Pantai

Terdapat empat fakta menarik mengenai Anglerfish yang jarang diketahui!

Rezza Dwi Rachmanta

Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Twitter/ DaveysLocker400, Ben Estes)
Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Twitter/ DaveysLocker400, Ben Estes)

Hitekno.com - Hewan laut dalam terkenal dengan bentuknya yang unik dan menyeramkan. Salah satu hewan laut dalam yang diketahui sebagai bagian dari Anglerfish telah terdampar di Pantai Newport, California, Amerika Serikat.

Meski terbiasa hidup ratusan meter di bawah laut, seekor Anglerfish justru ditemukan oleh pengunjung dan nelayan di pinggir pantai.

Ben Estes mengunggah foto tersebut dan langsung menimbulkan kehebohan di media sosial. Salah satu fanspage yang membagikan adalah akun resmi dari Crystal Cove State Park.

Akun tersebut memperkirakan bahwa kemungkinan itu adalah Pacific Footballfish, salah satu spesies dari Anglerfish.

"Pekan lalu seekor ikan laut dalam yang luar biasa terdampar di pantai di Kawasan Konservasi Laut (MPA) Crystal Cove State Park. Ada lebih dari 200 spesies Anglerfish di seluruh dunia, ikan ini kemungkinan besar adalah Pacific Footballfish," tulis akun Facebook resmi Crystal Cove State Park.

Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Facebook/ Crystal Cove State Park, Ben Estes)
Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Facebook/ Crystal Cove State Park, Ben Estes)

 

Makhluk aneh satu ini dapat hidup di kedalaman laut sekitar 3.000 kaki (914 meter), kata postingan tersebut.

Seorang pengunjung pantai bernama Ben Estes segera melaporkan penemuannya pada petugas setelah ia melihat ikan yang nampak tak biasa. "Aku tahu itu adalah penemuan yang tidak biasa. Aku belum pernah melihat ikan yang terlihat seperti itu sebelumnya," kata Ben Estes dikutip dari The Guardian.

Berikut empat fakta menarik mengenai Anglerfish yang perlu kalian ketahui:

1. Terkenal Sebagai Hewan Laut Dalam Penjebak Mangsa

Gigi mereka yang berduri, meski mengancam, lebih berfungsi untuk menjebak daripada mengunyah mangsanya. Menurut California Academy of Sciences, mereka memiliki "bohlam" berpendar mencolok (bersinar di bawah air dengan bantuan bakteri pemancar cahaya) yang berfungsi untuk menarik calon mangsa agar akhirnya terjebak di dalam mulut.

2. Punya Reproduksi Tak Biasa

Footballfish dari keluarga Himantolophidae mempunyai metode reproduksi tak biasa. Pejantan akan menempel pada spesies betina dengan gigi mereka dan menjadi "parasit seksual".

Mereka akan melakukan "fusion" atau penggabungan di mana tubuh pejantan tak ada yang tersisa kecuali testis untuk bereproduksi. Itu berarti sang pejantan akan kehilangan semua organ di dalamnya saat melakukan hubungan seksual.

3. Mempunyai Morfologi Tubuh Unik

Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Facebook_Crystal Cove State Park, Ben Estes)
Hewan laut dalam terdampar di Pantai California, Amerika Serikat. (Facebook_Crystal Cove State Park, Ben Estes)

 

Jika pernah melihat film Finding Nemo, maka kita akan menemukan hewan laut dalam yang membawa bola lampu di kepalanya. Itu merupakan makhluk yang terinspirasi dari Anglerfish.

Mulut ikan memiliki sejumlah gigi yang tajam dan runcing. Bagian atas kepalanya mempunyai tangkai yang panjang dan menonjol dengan bohlam bercahaya di ujungnya. Mereka menggunakan anggota tubuhnya "sebagai umpan".

Spesies betina Footballfish terbesar dapat melebihi panjang 60 sentimeter (24 inci) dan berbentuk bulat, sedangkan jantannya bahkan tidak melebihi 4 cm.

4. Hidup di Laut Dalam

Ikan laut dalam anglerfish. (YouTube/ MBARI)
Ikan laut dalam anglerfish. (YouTube/ MBARI)

 

Spesies betina merupakan karnivora di mana mereka memakan ikan pelagis, serta beberapa hewan seperti udang dan cephalopoda yang tertarik dengan pancaran cahaya.

Larva mereka bersifat epipelagik (muncul di 200 m kolom air yang cukup terang), menunjukkan bahwa mereka mungkin mengalami penurunan ontogenetik ke perairan yang lebih dalam saat larva dewasa.

Sebagian dari mereka hidup di zona mesopelagic (sekitar 200 hingga 1.000 meter), di mana ilmuwan pernah menemukan sedikit spesies yang bisa hidup di kedalaman lebih dari 1.000 meter.

Itulah tadi fakta menarik mengenai Anglerfish dan Footballfish yang ditemukan terdampar di pantai, unik banget ya?

Berita Terkait