Sains

Bikin Takjub, Begini Foto Jupiter dalam Tiga Gelombang Cahaya Berbeda

Jupiter memiliki reaksi berbeda tergantung pada tiga gelombang yang terjadi.

Amelia Prisilia

Planet Jupiter dari dekat. (instagram/nasa)
Planet Jupiter dari dekat. (instagram/nasa)

Hitekno.com - Belum lama ini, teleskop Hubble milik NASA berhasil mendapatkan pemandangan Jupiter dalam tiga gelombang cahaya yang berbeda. Setelah diunggah, foto ini langsung menjadi perbincangan dan membuat takjub banyak orang.

Secara visual, para ilmuwan mengakui jika Jupiter memiliki tampilan yang menarik dalam Tata Surya. Wajar jika memantau Jupiter adalah salah satu hal paling menyenangkan yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Dilansir dari CNET, dalam foto yang dipublikasi, nampak Jupiter dalam tiga gelombang cahaya yang berbeda. Ketiga gelombang cahaya ini terjadi akibat badai super yang melanda planet tersebut.

Dalam foto yang diambil oleh teleskop Hubble milik NASA ini nempak lalu bentuk atmosfer unik yang selama ini menyelimuti Jupiter. Dari foto ini, ilmuwan mencoba memahami mengenai pembentukan badai gas super di planet tersebut.

Teleskop Hubble milik NASA ini mengambil foto tersebut dengan metode panjang gelombang inframerah hingga ultraviolet yang ciamik.

Planet Jupiter dalam tiga gelombang cahaya. (NASA)
Planet Jupiter dalam tiga gelombang cahaya. (NASA)

Nampak jelas dari tiga foto yang didapat ini, Jupiter memiliki reaksi berbeda tergantung pada tiga gelombang yang terjadi di permukaan planet raksasa tersebut.

Uniknya, usai dilakukan penelitian, ilmuwan menemukan Great Red Spot yang memperlihatkan badai super raksasa berada di selatan ekuator planet Jupiter.

Setelah mengantongi data dari tiga foto planet Jupiter ini, penelitian lebih lanjut lalu dilakukan oleh ilmuwan NASA guna memahami lebih lanjut mengenai planet tersebut di kemudian hari.

Berita Terkait