Sains

Terisolasi, Ternyata Begini Cara Astronot Berkebun di Luar Angkasa

Hasil pengujian ini akan membantu NASA untuk merancang sistem makanan yang lebih unik untuk misi luar angkasa lainnya.

Amelia Prisilia

Astronot berkebun di luar angkasa. (NASA)
Astronot berkebun di luar angkasa. (NASA)

Hitekno.com - Terisolasi dan tinggal dalam pesawat luar angkasa atau ISS selama berbulan-bulan, tidak menutup kemungkinan jika para astronot biasanya merindukan berbagai kegiatan di Bumi, salah satunya adalah berkebun.

Sama seperti di Bumi, para astronot juga harus melahap sayur-sayuran segar yang bergizi untuk tubuhnya. Menangani hal ini, para astronot lalu harus menanam sayur sendiri saat bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Dilansir dari situs resmi NASA, ISS rupanya memiliki ruangan khusus dengan mengutamakan kesehatan dan nutrisi para awaknya. Karena ini, para astronot harus berkebun untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berkebun di ISS tidak berbeda dengan di Bumi. Jika di Bumi, para petani membutuhkan cahaya Matahari. Di ISS, para astronothanya membutuhkan penerangan LED ke tanaman yang disiram dengan menggunakan kantong khusus berisi benih dan pupuk.

Terbaru, astronot diminta menguji hasil kebunnya. Setelah itu, para astronot ini lalu akan diminta untuk menilai rasa, warna, penampilan dan aroma untuk mengetahui apakah hasil tanamannya dapat menjadi suplemen untuk tubuh.

Ilustrasi sayur. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi sayur. (pexels/Pixabay)

Nantinya, hasil pengujian ini akan membantu NASA untuk merancang sistem makanan yang lebih unik untuk misi luar angkasa lainnya di masa depan.

Sebelumnya, pada April 2014 lalu, pesawat luar angkasa SpaceX meluncurkan misi kargo Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan membawa kabin pertumbuhan tanaman kecil.

Kabin pertumbuhan ini dibuat khusus agar para astronot nantinya bisa menanam sendiri sayur-sayuran yang diinginkan untuk kemudian dikonsumsi.

Harus menghabiskan waktu yang cukup lama selama bertugas di luar angkasa bersama ISS. Wajar saja jika para astronot lalu berupaya untuk membangun lingkungan hidup yang sama dengan Bumi.

Berita Terkait