Sains

Bertugas di Mars, NASA Pamer Video Suara Helikopter Ingenuity

Ini bukan kali pertama robot NASA ini berhasil merekam suara helikopter tersebut.

Amelia Prisilia

Ingenuity, Helikopter NASA untuk menjelajahi Mars. (NASA)
Ingenuity, Helikopter NASA untuk menjelajahi Mars. (NASA)

Hitekno.com - Belum lama ini, NASA memamerkan video rekaman suara Helikopter Ingenuity yang sedang bertugas di planet merah, Mars. Sebagai bagian dari data penelitian, rekaman suara ini lalu diungkap ke publik.

Rekaman suara Helikopter Ingenuity ini rupanya diambil oleh robot penjelajah Mars Perseverance NASA dengan menggunakan dua mikrofon yang terdapat di tubuhnya. Ini bukan kali pertama robot ini berhasil merekam suara helikopter tersebut.

Dilansir dari situs resmi NASA, rekaman suara ini merupakan hasil penggabungan rekaman helikopter bertenaga surya yang diambil oleh imager Mastcam-Z Perseverance dengan audio dari mikrofon milik instrumen laser SuperCam.

Diakui oleh pihak NASA, para ilmuwan sama sekali tidak mengira jika robot penjelajah Mars yang diparkir 262 kaki atau 80 meter dari tempat mendarat Helikopter Ingenuity ini mampu menangkap suara kedatangan helikopter tersebut.

Pada rekaman suara asli, suara Helikopter Ingenuity terdengar sangat kecil. Hal ini karena ada pengaruh tipisnya atmosfer Mars serta hembusan angin yang cukup kencang di planet merah ini.

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

Diakui oleh profesor ilmu planet di ISAE-SUPAERO dan ketua sains mikrofon Super Cam Mars, David Mimoun, penemuan ini menjadi tambang emas bagi pemahaman ilmuan terkait atmosfer di Mars.

Rekaman suara yang diedarkan oleh NASA ini jelas saja sudah melalui proses editing untuk membuatnya semakin terdengar jelas oleh warga Bumi.

Menurut NASA, beberapa frekuensi dipotong untuk mendengarkan dengunan Helikopter Ingenuity yang paling keras saat kemudian helikopter tersebut melewati bidang pandang kamera.

Berita Terkait