Sains

Ahli Cuaca Ungkap Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Pelangi

Tak Banyak yang Tahu, inilho tempat terbaik melihat pelangi.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi pelangi. (Pixabay/ykaiavu)
Ilustrasi pelangi. (Pixabay/ykaiavu)

Hitekno.com - Steven Businger yang merupakan seorang ahli cuaca membuat makalah penelitian baru yang mengungkapkan lokasi terbaik di dunia untuk melihat pelangi

Diterbitkan di buletin American Meteorological Society, Businger mengatakan bahwa Hawaii adalah tempat terbaik untuk melihat fenomena alam tersebut.

Dalam penelitiannya, Businger menjelaskan, faktor-faktor yang membuat pelangi di Hawaii jauh lebih spektakuler daripada yang terlihat di tempat lain.

Menurut Businger, terdapat empat faktor berbeda yang berkontribusi pada pelangi di Hawaii.

Pertama, posisi pulau-pulau di Hawaii dalam sirkulasi atmosfer yang dikenal sebagai Hadley Cell membuat Hawaii dilewati angin pasat barat laut hampir setiap hari.

Ini menghasilkan bercak hujan konvektif dan diselingi dengan area langit cerah sehingga memungkinkan sinar Matahari, bercampur dengan curah hujan dan menghasilkan pelangi.

Pelangi di Hawaii. [Bulletin of the American Meteorological Society]
Pelangi di Hawaii. [Bulletin of the American Meteorological Society]

Kehangatan semalaman di laut menyebabkan udara naik di pagi hari dan memungkinkan pelangi terbentuk pada saat Matahari terbit.

Sebaliknya, pelangi di malam hari diciptakan saat suhu naik sepanjang hari dan menghasilkan arus udara.

"Dalam kondisi ini, hujan deras akan turun di puncak punggung bukit di atas Oahu dan Kauai pada sore hari, menghasilkan pelangi saat Matahari terbenam," kata Businger, dikutip dari IFL Science, Kamis (18/3/2021).

Topologi pegunungan adalah faktor kunci lain dalam munculnya pelangi Hawaii karena puncaknya memaksa angin pasat naik dan mendingin hingga menghasilkan curah hujan.

Tanpa pegunungan tersebut, kepulauan Hawaii akan menjadi semacam gurun dan mungkin hampir tidak ada hujan. Tidak ada hujan berarti tidak akan ada pelangi.

Faktor terakhir adalah wilayah Hawaii yang terpencil sehingga udaranya masih bebas dari polusi dan serbuk sari.

Dengan kata lain, hanya ada sedikit partikel aerosol yang dapat menyebarkan sinar Matahari dan mengurangi keindahan pelangi.

Pelangi di Hawaii. [Bulletin of the American Meteorological Society]
Pelangi di Hawaii. [Bulletin of the American Meteorological Society]

Jika semua faktor tersebut digabungkan, pelangi Hawaii dapat bertahan selama berjam-jam lamanya.

Businger mengklaim bahwa pelangi di Hawaii dapat bertahan hingga 6,5 jam selama musim panas dan 8,5 jam di musim dingin.

Oleh karena itu, tidak heran jika pelangi juga sangat menonjol dalam mitologi dan budaya Hawaii. Siapa yang berencana melihat pelangi di tempat terindah ini? (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait