Sains

Ditemukan Helm Perang Berusia 2.500 Tahun, Bekas Tentara Yunani Kuno

Penemuan ini mengungkap canggihnya perlengkapan perang masa lalu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi sisa reruntuhan Yunani Kuno. (Pixabay)
Ilustrasi sisa reruntuhan Yunani Kuno. (Pixabay)

Hitekno.com - Tentara Yunani kuno dipercayai telah mengenakan perlengkapan perang lengkap. Termasuk helm perang yang digunakan untuk mengamankan kepala.

Hal ini diperkuat penemuan baru, yakni helm perang yang dipercaya digunakan oleh Yunani Kuno. Benda ini ditemukan di Pelabuhan Haifa, Israel.

Helm perang berusia 2.500 tahun itu pertama kali ditemukan oleh kapal Belanda pada 2007 dan diserahkan ke unit laut Israel Antiquities Authority (IAA).

"Helm adalah jenis Korintus yang dinamai berdasarkan kota Korintus di Yunani, di mana itu pertama kali dikembangkan dan diproduksi pada abad ke-6 SM," kata para arkeolog, dikutip dari Live Science, Rabu (10/3/2021).

Para ahli mencatat bahwa helm perang tentara Yunani Kuno tersebut menjadi populer dan digunakan di seluruh Mediterania.

Tak hanya itu, helm juga secara ahli dibuat dari satu lembar perunggu dengan cara memanaskan dan memalu.

Teknik tersebut memungkinkan untuk mengurangi beratnya tanpa mengurangi kapasitas helm dalam melindungi kepala seorang pejuang.

Helm tentara Yunani Kuno. [Facebook/Israel Antiquities Authority]
Helm tentara Yunani Kuno. [Facebook/Israel Antiquities Authority]

"Helm mungkin milik seorang tentara Yunani yang ditempatkan di salah satu kapal perang armada Yunani yang berpartisipasi dalam konflik laut melawan Persia," ucap Kobi Sharvit, direktur unit marinir IAA.

Pada saat tentara itu berpatroli di laut, Persia menguasai sebuah kerajaan yang membentang di Timur Tengah.

Catatan sejarah menyebut Persia mencoba menginvasi Yunani dua kali. Invasi pertama dihentikan pada tahun 490 SM, ketika Persia dikalahkan di dekat Athena.

Selama invasi kedua, pasukan Persia diperlambat oleh pasukan pimpinan Spartan di Perang Thermopylae dan dipaksa keluar dari Yunani pada 479 SM.

Perang Thermopylae sangat terkenal sebagai kekuatan 300 Spartan, dipimpin oleh raja Spartan Leonidas, yang bertempur sampai mati melawan Persia.

Kemudian setelah 479 SM, orang Yunani melakukan serangan terhadap Persia di seluruh Mediterania timur.

Helm tersebut mungkin telah dipakai oleh seorang tentara Yunani yang berpartisipasi dalam salah satu serangan itu. Permusuhan antara Yunani dan Persia terus berlanjut sampai Alexander the Great menaklukkan Kekaisaran Persia.

Itulah penemuan helm perang yang dipercaya dari tentara Yunani Kuno. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait