Sains

Fenomena Gunung Berapi Es Muncul di Kazakhstan, Tingginya Capai 13,7 Meter

Seperti apa gunung berapi es ini?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi salju. (Pixabay)
Ilustrasi salju. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebuah fenomena gunung berapi es tiba-tiba muncul di Kazakhstan dengan tinggi mencapai 13,7 meter. Hal ini memang kejadian langka tidak banyak ditemukan.

Kemunculan gunung berapi es ini ditemukan di tenggara Kazakhstan, dengan kerucut berlubang.

Dilaporkan kalau kerucut berlubang itu meletus, mengeluarkan semburan mata air yang membeku menjadi kristal es kecil.

Struktur es berada di atas mata air panas yang menyemburkan air dari atas seperti gunung berapi yang meletus.

Fenomena ini sebenarnya bukan gunung berapi yang terbentuk melalui letusan lava, abu, dan gas, tetapi penumpukan mata air yang membekukan strukturnya hingga mencapai ketinggian belasan meter.

Gunung berapi es muncul di Kazakhstan. [Instagram]
Gunung berapi es muncul di Kazakhstan. [Instagram]

 

Karena itu, fenomena munculnya menara es seperti ini terkadang disebut gunung berapi es.

Dilansir dari Live Science, Kamis (18/2/2021), struktur es yang terletak di dekat Desa Kegen, wilayah Almaty, adalah daya tarik yang populer di kalangan penduduk di sana.

Istilah gunung berapi es biasanya diberikan untuk struktur es serupa yang dapat muncul di sekitar tepi perairan besar seperti danau, bukan di mata air panas seperti yang dimiliki Kazakhstan.

Itu terbentuk dalam suhu beku ketika gelombang menciptakan tekanan untuk memecahkan es permukaan di sepanjang garis pantai dan memaksa semburan air keluar, yang kemudian membeku untuk membuat kerucut.

Dalam contoh kasus lain, gunung berapi es terbentuk di sepanjang tepi Danau Michigan pada Februari lalu ketika kondisi angin yang ideal menyebabkan gelombang di bawah garis pantai es.

Itulah laporan kemunculan fenomena gunung berapi es di tenggara Kazakhstan dengan ketinggian 13,7 meter. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait