Sains

Misterius, Belasan Paus Mati Terdampar di Pantai Selandia Baru

Belasan paus telah mati setelah terdampar di pantai di Selandia Baru.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Paus Pilot. (NOAA)
Ilustrasi Paus Pilot. (NOAA)

Hitekno.com - Belasan paus mati terdampar di pantai di Selandia Baru, Departemen Konservasi setempat mengatakan terdamparnya paus tersebut terjadi di Corolamdel di Pulau Utara negara tersebut. 

Departemen tersebut mengungkapkan bahwa kelima paus pilot mati ditemukan pada Sabtu malam (17/10/2020), di sebuah lokasi yang dianggap sebagai lokasi terdampar aslinya.

Pada Minggu pagi (18/10/2020), 19 paus telah terdampar lagi dan mati di tanjung berbatu, menurut Stuff dilansir laman Mirror.

"Meskipun air pasang sekitar jam 9 malam pada Sabtu malam telah memungkinkan paus yang terdampar untuk mengapung kembali, anggota kelompok itu menahan diri pagi ini - termasuk beberapa di singkapan berbatu di teluk," kata Departemen itu dalam sebuah pernyataan di akun Facebook-nya.

Belasan paus mati terdampar di Selandia Baru. [Facebook]
Belasan paus mati terdampar di Selandia Baru. [Facebook]

"Sayangnya, sekitar selusin ekor tewas setelah tertahan di bebatuan pagi ini. Namun, kami didorong oleh fakta bahwa sebagian besar paus yang terdampar telah bergabung kembali ke dalam kelompok pagi ini dan telah didampingi ke perairan dalam," tulis keterangan tersebut.

Daren Grover, manajer umum kelompok penyelamat Proyek Jonah, mengatakan paus itu telah memisahkan diri dari kelompok utama.

“Ini bukanlah hasil yang selalu kami harapkan. Sangat menyedihkan bahwa mereka terdampar dan mati," ujarnya.

Grover menggambarkan Colville Bay sebagai lokasi yang cukup berbahaya karena airnya yang dangkal dan berlumpur. Kini, penyelamat bekerja untuk memastikan sisa polong tetap berada di air yang lebih dalam.

Relawan menambahkan bahwa mereka berencana untuk menempatkan perahu sebagai semacam penghalang dalam upaya untuk mengusir paus dari pantai.

Tercatatkan, hampir 400 paus mati di tempat yang dianggap sebagai terdampar terbesar di Australia.

Pada akhir September lalu, ratusan paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania. Tidak sepenuhnya dipahami mengapa paus terdampar, tetapi spesies tersebut diketahui rentan terdampar.

Terdampar, salah satu yang terbesar yang pernah tercatat secara global, melampaui rekor nasional sebelumnya sebanyak 320 ekor di Australia Barat pada 1996.(Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait