Sains

Ini Alasan Bendera Amerika Berkibar Saat Pendaratan Manusia ke Bulan

Salah satu teori konspirasi yang paling banyak diperdebatkan adalah yang menyebut bahwa manusia sama sekali belum pernah ke Bulan.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Misi Apollo 11 ke Bulan. (NASA)
Misi Apollo 11 ke Bulan. (NASA)

Hitekno.com - Pada Juli 1969, manusia mencetak sejarah dengan menginjakkan kaki ke Bulan. Adalah kaki Neil Armstrong yang menjadi sejarah baru dalam kehidupan umat manusia ini. Sempat jadi perdebatan, akhirnya terungkap alasan bendera berkibar saat pendaratan manusia ke Bulan.

Dalam misi Apollo 11, Neil Armstrong menjadi nama manusia pertama yang menginjakan kaki di Bulan. 20 menit kemudian, Edwin Buzz Aldrin yang merupakan rekannya, menyusul dan menginjakan kaki di Bulan.

Menjadi sejarah baru untuk manusia, rupanya misi pendaratan manusia pertama ke Bulan ini menimbulkan keraguan dan tanda tanya. Tidak kaget jika lalu banyak teori konspirasi yang berkembang dari momen satu ini.

Salah satu teori konspirasi yang paling banyak diperdebatkan adalah yang menyebut bahwa manusia sama sekali belum pernah ke Bulan. Foto Bulan yang diambil oleh Neil Armstrong dan kawan-kawan dalam misi Apolo 11 ini hanyalah buatan rumah produksi film.

Bukan tanpa alasan jika teori-teori konspirasi ini menyebut demikian. Pasalnya, dalam salah satu foto pendaratan manusia ke Bulan, nampak bendera Amerika berkibar. Padahal seperti yang diketahui, tidak ada angin di Bulan.

Astronaut Edwin E. Aldrin Jr (di sebelah kiri) dan Astronaut Neil A. Armstrong, komandan Apollo 11 (NASA)
Astronaut Edwin E. Aldrin Jr (di sebelah kiri) dan Astronaut Neil A. Armstrong, komandan Apollo 11 (NASA)

 

Mengenai hal ini, mengutip Express.co.uk, Annie Platoff selaku pustakawan dari University of California, Santa Barbara Library mencoba menjelaskan konspirasi satu ini.

Menurutnya, bendera Amerika yang ditancapkan di Bulan adalah bendera khusus yang dibuat untuk dapat berdiri tegak di lingkungan Bulan yang memiliki gravitasi rendah.

Tiang bendera berbentuk L ini dibuat seolah-olah memberi kesan bendera berkibar. Padahal bendera tersebut dibuat agak kaku dengan dukungan tangkai penahan di bagian atas.

Misi Apollo 11. (NASA)
Misi Apollo 11. (NASA)

 

Dengan desain yang dipikirkan dengan matang ini, bendera Amerika yang ditancapkan tersebut nampak berkibar layaknya terkena angin.

Sempat dipertanyakan, penjelasan para ilmuwan mengenai alasan bendera Amerika berkibar saat pendaratan manusia ke Bulan ini semoga dapat mematahkan teori konspirasi yang berkembang ya.

Berita Terkait