Sains

China Siap Operasikan Teleskop Pemburu Alien September Mendatang

Perangkat bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) akan mulai mencari sinyal-sinyal alien pada September.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi alien di dalam kendaraannya. (Pixabay/ Pawel86)
Ilustrasi alien di dalam kendaraannya. (Pixabay/ Pawel86)

Hitekno.com - Masih banyak misteri di luar angkasa sana yang masih belum terpecahkan. Termasuk Alien yang masih jadi buruan. Termasuk China yang sampai membuat teleskop pemburu alien.

Pemerintah China tengah membangung teleskop raksasa yang ditujukan untuk penelitian dan pemburuan alien di luar angkasa sana.

Selain China, masih banyak pihak lain yang melakukan pemburuan alien. Terlebih para ilmuwan yang meneliti misteri luar angkasa.

Rencananya, pemerintah China akan mulai mengoperasikan teleskop pemburu alien mulai September mendatang, demikian diwartakan Engadget, Senin (1/6/2020).

Mengutip laporan media pemerintah China, disebutkan bahwa perangkat bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) akan mulai mencari sinyal-sinyal alien pada September.

Teleskop VLBA. (Phys.org)
Teleskop VLBA. (Phys.org)

 

Teleskop yang diameternya mencapai 500 meter atau setengah kilometer itu mulai beroperasi sejak Januari, tetapi karena teknologinya masih harus diperbarui, maka saat ini teleskop tersebut belum berfungsi optimal.

Kepala ilmuwan FAST, Zhang Tongjie mengatakan bahwa teleskop itu telah memiliki beberapa sinyal radio menarik yang diduga berasal dari alien untuk diteliti.

Meski demikian ia menegaskan bahwa ini bukan berarti bahwa sinyal-sinyal yang didapatkan tersebut dapat dipastikan dari alien.

Biasanya sinyal radio unik berasal dari pulsar - bintang yang kehabisan bahan bakar dan perlahan hancur - atau semburan sinyal acak yang terdeteksi di Bumi.

Kita tunggu saja seperti apa hasil pencarian alien oleh pemerintah China ini. Apakah teleskop pemburu alien ini bisa mendapatkan informasi keberadaan alien? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait