Internet

Namanya Digunakan untuk Teleskop NASA, Siapa Sosok itu?

Teleskop Wide-Field Infrared Survey yang akan datang, berganti nama menjadi Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman.

Dinar Surya Oktarini

Logo NASA. (Shutterstock)
Logo NASA. (Shutterstock)

Hitekno.com - Nama teleskop Wide-Field Infrared Survey akan berganti nama menjadi Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman. Nama ini diambil dari sosok Dr Nancy Grace Roman adalah eksekutif perempuan pertama di NASA sepanjang 1960-an dan 1970-an.

Perubahan nama itu diumumkan oleh administrator NASA Jim Bridenstine pada 20 Mei atas kontribusi Nancy Grace Roman terhadap dunia astronomi.

Secara khusus, ia dikenal sebagai Mother of Hubble karena peran dasarnya dalam perencanaan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Hingga kini, Hubble telah menjadi teleskop luar angkasa paling kuat yang telah memasuki dekade keempat pengamatan.

Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman memiliki bidang pandang 100 kali lebih luas dari Hubble dan mampu melihat gambar yang lebih besar dari semesta. Secara khusus, ini akan berkontribusi pada pemahaman manusia tentang percepatan ekspansi alam semesta dan memfasilitasi penemuan banyak eksoplanet baru.

Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]
Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]

"Nancy Grace Roman adalah seorang pemimpin dan advokat yang dedikasinya memberi kontribusi pada NASA dengan serius mengejar bidang astrofisika. Namanya layak mendapat penghargaan," ucap Thomas Zurbuchen, associate administrator sains NASA, seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (21/5/2020).

Karena keterlambatan Teleskop Luar Angkasa James Webb, pengerjaan Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman juga ikut melambat selama beberapa tahun terakhir. Teleskop ini sekarang dijadwalkan untuk diluncurkan pada pertengahan tahun 2020-an dan akan ditempatkan di luar orbit Bulan untuk meningkatkan kualitas pengamatan Bumi.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait