Sains

Terekam Teleskop, Ada Lubang Hitam sedang Menelan Bintang

Lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang sangat besar menarik sebuah bintang, menghancurkannya menjadi serpihan debu, sebelum menelannya.

Agung Pratnyawan

Lubang Hitam. (NASA/Event Horizon Telescope collaboration et al.)
Lubang Hitam. (NASA/Event Horizon Telescope collaboration et al.)

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) membagikan gambar sebuah lubang hitam yang berhasil menelan bintang di dekatnya.

Kejadian lubang hitam telan bintang ini terekam oleh teleskop pemburu planet milik NASA dan pertama kali bisa diabadikan.

Teleskop antariksa Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), demikian dilaporkan Space.com, Jumat (27/9/2019), merekam peristiwa yang menurut para ilmuwan sangat langka, hanya terjadi sekali dalam 10.000 sampai 100.000 tahun di dalam galaksi sebesar Bima Sakti.

Peristiwa itu sendiri terjadi di sebuah lokasi yang berjarak 375 tahun cahaya dari Bumi, di tengah sebuah galaksi bernama 2MASX J07001137-6602251 di konstelasi Volans.

Insiden itu direkam oleh All-Sky Automated Survey for Supernovae - sebuah jaringan teleskop global yang berpusat di Ohio State University, AS - pada 29 Januari 2019. TESS merupakan bagian dari jaringan itu.

"Berkat data dari TESS kami bisa melihat dengan jelas, kapan peristiwa yang dinamai ASASSN-18bt ini, mulai terang-bendarang. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," beber Thomas Holoien, astronom dari Carnegie Observatories di Pasadena, California, AS yang mengulas peristiwa itu dalam Astrophysical Journal.

Dalam peristiwa itu, jelas para astronom, lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang sangat besar menarik sebuah bintang, menghancurkannya menjadi serpihan debu, sebelum menelannya.

Lubang Hitam raksasa di Galaksi kerdil M60-UCD1. (NASA)
Lubang Hitam raksasa di Galaksi kerdil M60-UCD1. (NASA)

 

Bintang yang ditelan itu, kata para ilmuwan, memiliki ukuran yang mirip dengan Matahari, induk tata surya kita.

Teleskop antariksa TESS sendiri diluncurkan pada April 2018 lalu untuk memburu planet-planet baru di sekitar bintang yang jaraknya jauh dari Bumi. Sejauh ini TESS telah mendeteksi 24 eksoplanet dan 993 calon planet.

Itulah keberhasilan teleskop NASA merekam moment lubang hitam menelan bintang di dekatnya. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait