Sains

Hidup di Zaman Dinosaurus, Kecoak Purba Ini Ditemukan Utuh

Penelitian lalu segera dilakukan untuk mengungkap lebih jauh mengenai kecoak purba ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi kecoak. (pixabay/hhach)
Ilustrasi kecoak. (pixabay/hhach)

Hitekno.com - Penemuan unik belum lama ini membuat geger ilmuwan. Bagaimana tidak geger, para ilmuwan baru saja menemukan sepasang kecoak purba yang masih utuh dan diduga berasal dari zaman dinosaurus.

Kecoak purba yang hidup di zaman dinosaurus ini ditemukan telah menjadi fosil dalam damar di Myanmar. Diprediksi, kecoak purba ini telah berusia 99 juta tahun.

Mengutip Live Science, kecoak purba ini merupakan bagian tertua dari organisme troglomorphic atau hewan yang beradaptasi dengan lingkungan gua yang aneh dan gelap.

Penelitian lalu segera dilakukan untuk mengungkap lebih jauh mengenai kecoak purba ini. Terungkap bahwa hewan ini mampu beradaptasi dalam gelap setelah berkeliaran di celah-celan dunia yang dipenuhi Tyrannosaurus Rex.

Jika dibandingkan dengan spesies kecoak dan serangga lainnya yang hidup di gua dengan mata dan sayap kecil, tubuh pucat, lengan panjang, serta antena, kecoak purba ini justru berbeda.

Kecoak purba. (Elsevier 2020)
Kecoak purba. (Elsevier 2020)

 

Cukup sulit rasanya untuk para ilmuwan meneliti mengenai kecoak purba ini. Pasalnya gua tidak memiliki fosil yang helas sebelum masa Kenozoikum. Fosil-fosil di gua usai kepunahan biasanya berisi hewan-hewan yang hanya berlindung.

Sedikit mengingat, nenek moyang kecoak pada umumnya tinggal di gua pada masa Kenozoikum di 65 juta tahun yang lalu.

Namun, kecoak purba ini kemungkinan berasal dari zaman dinosaurus yang belum diketahui dengan pasti umur dan masanya.

Ilustrasi kecoak. (pixabay/Public Domain Pictures)
Ilustrasi kecoak. (pixabay/Public Domain Pictures)

 

Saat ditemukan, fosil kecoak purba ini nampak masih utuh dan terawat. Kemungkinan, kecoak purba ini merupakan keturunan nenek moyang yang sama dengan masa Cretaceous sebelum pergeseran benua.

Hingga kini, penelitian mengenai fosil kecoak purba ini masih dilakukan. Pasalnya, penemuan satu ini cukup unik mengingat usai puluhan tahun berlalu, kondisi fosil masih utuh dan terawat.

Berita Terkait