Sains

Wahana NASA Deteksi Ratusan Gempa di Mars, Bahayakah?

Penemuan ini membuat para ilmuwan sadar bahwa Planet Mars merupakan planet yang aktif secara seismik.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

Hitekno.com - Wujud Planet Mars yang kering dan tandus tanpa kehidupan mungkin membuatmu berpendapat bahwa planet merah ini tidak menghasilkan gempa. Mengejutkan, wahana NASA rupanya mendeteksi ratusan gempa terjadi di Mars.

Adalah wahana pendarat InSight milik NASA yang berhasil mendeteksi ratusan gempa di Mars ini. Gempa ini lalu disebut marsquake oleh para ilmuwan.

Melansir dari CNET, berdasarkan jurnal Nature Geoscience dan Nature Communications, InSight pertama kali mendarat pada 26 November 2018 di Mars. Pada April 2019, wahana NASA ini mendeteksi marsquake untuk pertama kali.

Penemuan ini membuat para ilmuwan sadar bahwa Planet Mars merupakan planet yang aktif secara seismik. Bahkan kadar aktivitas seismik ini jauh lebih besar dari yang ada di Bulan namun lebih kecil dari Bumi.

Walaupun lebih besar dari Bulan, gempa di Mars ini memiliki kekuatan yang jauh lebih kecil. NASA mencatat ada 174 marquake yang terjadi di Mars hingga September 2019. 20 di antara gempa di Mars ini memiliki guncangan 3 hingga 4 magnitudo.

Permukaan dan langit Mars. (Twitter/ NASAInSight)
Permukaan dan langit Mars. (Twitter/ NASAInSight)

 

Selain itu, gempa di Mars ini juga terjadi di area yang lebih dalam jika dibandingkan dengan Bumi. Gempa di Mars berada di kedalaman 50 kilometer, angka ini 5 hingga 10 kali lebih dalam jika dibandingkan dengan lokasi gempa di Bumi.

Walaupun kecil dan dalam, gempa di Mars ini dapat dirasakan oleh manusia yang berdiri di permukaan planet merah. Namun, gempa ini dipastikan tidak dapat mengguncang struktur pusat penelitian atau koloni manusia.

Penyebab paling umum dari gempa di Mars ini terjadi karena pendinginan planet dalam jangka panjang. Detail gempa ini hingga kini masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.

Curiosity, robot NASA di Mars. (NASA)
Curiosity, robot NASA di Mars. (NASA)

 

Untuk itu, penelitian mendalam mengenai hal ini diharapkan akan segera dilakukan ke depannya. Para ilmuwan berharap dapat meneliti gempa yang lebih besar dari ini untuk memberikan informasi lainnya mengenai planet tersebut.

Hingga kini, wahana NASA yang mendeteksi ratusan gempa di Mars ini terus mempelajari banyak hal mengenai Planet Mars. Deteksi angin hingga signal magnet di planet ini terus diteliti untuk pembelajaran ke depannya.

Berita Terkait