Sains

Sempat Dikira Hilang, NASA Temukan Wahana Antariksa India

Wahana antariksa India bernama Vikram ini diketahui hancur saat mencoba melakukan pendaratan pada September 2019 lalu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi Bulan. (NASA)
Ilustrasi Bulan. (NASA)

Hitekno.com - Wahana antariksa India di Bulan belum lama ini dilaporkan hilang saat akan melakukan pendaratan. Sempat dianggap tidak akan pernah ditemukan, NASA akhirnya menemukan lokasi wahana tersebut.

Dilansir dari Guardian, wahana antariksa India bernama Vikram ini diketahui hancur saat mencoba melakukan pendaratan pada September 2019 lalu.

Dalam misi pendaratannya di Bulan, wahana antariksa India ini didampingi oleh pesawat antariksa utama yang memantau Mars dari ketinggian.

Pendaratan yang dilakukan ini lalu gagal hingga membuat wahana antariksa India ini kehilangan kontak. Momen ini seketika menghancurkan mimpi India sebagai negara keempat yang mendaratkan wahananya di Bulan.

Potret Vikram yang ditemukan oleh Lunar Reconnaissance Orbiter atau LRO ini nampak telah hancur dengan puing-puing pesawat yang tersebar dalam radius beberapa kilometer.

Lokasi wahana antariksa India. (NASA)
Lokasi wahana antariksa India. (NASA)

 

Mengejutkan saat mengetahui bahwa para astronom NASA bisa menemukan keberadaan wahana antariksa India ini. Pasalnya, saat dilaporkan hilang, banyak yang putus asa untuk menemukannya kembali.

NASA bersama beberapa pihak lain begitu baik untuk membantu menemukan bangkai wahana antariksa India tersebut hingga kemudian akhirnya berhasil ditemukan.

Sedikit berkisah mengenai wahana antariksa India bernama Vikram ini. Vikram merupakan bagian dari misi Chandrayaan 2 yang diluncurkan oleh Satish Dhawan Space Center di Andhra Pradesh pada 22 Juli lalu dengan membawa beberapa muatan.

Tiga muatan yang dibawa misi Chandrayaan 2 ini antara lain orbiter, lander, dan rover yang ketiganya merupakan buatan India.

Usai wahana antariksa India ditemukan telah hancur, mimpi India untuk menjadi negara keempat setelah Amerika Serikat, Rusia, dan China untuk mendarat di Bulan juga ikut hancur.

Berita Terkait