Sains

Burung Ini Punya "Password" untuk Berinteraksi dengan Spesiesnya Sendiri

Password rahasia dari burung ini kemungkinan hanya dimengerti oleh spesies burung itu sendiri.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi cowbirid. (Pixabay/ diapicard)
Ilustrasi cowbirid. (Pixabay/ diapicard)

Hitekno.com - Spesies burung ternyata memiliki keunikan tersendiri baik saat mereka berinteraksi maupun ketika mereka mencari pasangan. Salah satu spesies burung yang mempunyai keunikan untuk membuat "password rahasia" adalah cowbird.

Nama hewan tersebut mungkin terdengar agak asing karena mereka memang hanya ditemukan di benua Amerika.

Populasi cowbird membentang luas dari Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Argentina, Brazil, dan beberapa negara di benua Amerika lainnya.

Mereka merupakan hewan pengeram yang parasit karena bertelur di sarang burung lain dan meninggalkan tempat sisanya untuk inang mereka.

Salah satu keunikan burung ini adalah mereka membiarkan burung lain bekerja keras memberi makan dan mengerami anak-anak mereka.

Cowbird di Brazil. (Wikipedia/ Veronesi)
Cowbird di Brazil. (Wikipedia/ Veronesi)

 

Namun masih ada keunikan yang diselidiki oleh ilmuwan yaitu bagaimana seekor cowbird kecil benar-benar tahu bahwa dirinya adalah seekor cowbird ketika dibesarkan oleh spesies lain.

Dr Mark Hauber dari University of Illinois melakukan penelitian mendalam mengenai cowbird sehingga tim peneliti menemukan bahwa ternyata cowbird memiliki password rahasia khusus antar spesiesnya.

Biasanya burung mempelajari cara berkicau orang tua mereka dengan menghabiskan banyak waktu bersama ketika mereka masih muda.

Mereka bahkan dapat mengembangkan ide tentang apa yang harus dicari pada pasangannya dengan cara tersebut.

Cowbird tidak bisa kawin dengan lintas spesies yang artinya ia hanya bisa kawin dengan spesies cowbird yang sama.

Ilustrasi cowbird kepala cokelat dari Kanada. (Wikipedia/ berichard)
Ilustrasi cowbird kepala cokelat dari Kanada. (Wikipedia/ berichard)

 

Hal itu menimbulkan masalah tersendiri karena seekor cowbird jantan yang menyanyikan lagu kawin dari orang tua asuhnya tidak dapat menarik betina lain sehingga ia tidak akan memiliki keturunan.

Dikutip dari IFLScience, penelitian Mark Hauber yang telah diterbitkan di jurnal Current Biology menyebutkan bahwa cowbird muda akan mengerti "password rahasia" yang akan diberi tahu oleh spesies cowbird yang lebih tua.

Cowbird membuat apa yang oleh para ahli burung disebut sebagai "chatter call" atau "ocehan panggilan".

Itu mereka lakukan secara konsisten sepanjang tahun dan melintasi rentang geografis mereka.

Molothrus rufoaxillaris atau cowbird Brazil. (Wikipedia/ Claudio Diaz)
Molothrus rufoaxillaris atau cowbird Brazil. (Wikipedia/ Claudio Diaz)

 

Panggilan mengandung password yang hanya dimengerti oleh spesies cowbird dan kemungkinan berfungsi sebagai peringatan bagi cowbird muda.

Dalam panggilannya, cowbird tua akan menyuruh cowbird muda untuk mendengarkan karena mereka akan mempelajari sesuatu yang penting termasuk kicauan lagu untuk kawin.

Berkat password rahasia dalam panggilannya, spesies cowbird muda akan tahu jati dirinya sehingga mereka bisa mempunyai anak serta berkembang biak.

Berita Terkait