Sains

Teruntuk Pemburu Alien, Tersedia 1 Petabyte Informasi yang Bisa Diakses

Proyek Breakthrough Listen baru saja membuat satu petabyte (1.000TB) data yang tersedia untuk umum.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi sinyal misterius dan alien. (Outer Place)
Ilustrasi sinyal misterius dan alien. (Outer Place)

Hitekno.com - Kabar gembira untuk kamu penggemar dan pemburu alien, karena kini ada Proyek Breakthrough Listen yang telah mengumpulkan data dan informasi. Kamu bisa mengaksesnya untuk mendapatkan informasi terkait alien.

Proyek Breakthrough Listen ini berasa dari kelompok pemburu alien. Setidaknya 80 juta pounsterling telah dikucurkan untuk membuat satu petabyte atau seriburu TB data alien.

Data-data yang tersedia diharapkan dapat membantu anggota masyarakat jika mulai menyisir mencari bukti kehidupan ekstra-terestrial.

Data yang tersedia menggabungkan informasi radio dan teleskop optik.

Sejauh ini, tidak ada pemerintah, akademisi atau organisasi yang menemukan bukti meyakinkan tentang keberadaan ET. Tetapi tim di Breakthrough Listen percaya bahwa kebenaran ada di luar sana.

Dr Danny Price, Breakthrough Listen Project Scientist untuk observatorium Parkes Australia mengatakan bahwa peluncuran data ini adalah tonggak luar biasa bagi tim Breakthrough Listen.

"Kami menjelajahi ribuan jam pengamatan bintang-bintang terdekat, di miliaran saluran frekuensi," katanya seperti dilansir dari Metro.

Ilustrasi ET. [Shutterstock]
Ilustrasi ET. [Shutterstock]

 

Profesor Stephen Hawking adalah salah satu pendiri Breakthrough Listen dan bekerja di Pusat Pencarian untuk Intelijen Luar Angkasa (SETI) di AS. Proyek itu telah fokus pada pendeteksian tanda-tanda teknologi alien.

Ini adalah sinyal yang menunjukkan penggunaan teknologi yang dibangun oleh alien, seperti teknologi siaran. Namun sejauh ini, pencarian belum menghasilkan apa pun.

"Kami tidak menemukan bukti sinyal buatan dari luar Bumi, tetapi ini tidak berarti tidak ada kehidupan cerdas di luar sana: kami mungkin belum melihat di tempat yang tepat, atau mengintip cukup dalam untuk mendeteksi sinyal yang pingsan," kata Dr. Price.

Itu bukan untuk mengatakan bahwa proyek Breakthrough Listen belum memiliki beberapa temuan penting.

Pada bulan Februari, sebuah sistem yang dibangun oleh proyek ini melihat ledakan radio cepat (FRB) baru yang berasal dari 'repeater' (nama Earthling kami untuk perangkat elektronik yang meningkatkan sinyal) yang disebut FRB 121102 yang berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Ilustrasi alien. (Shutterstock)
Ilustrasi alien. (Shutterstock)

 

Biasanya, FRB terlihat selama 'ledakan' tunggal yang terjadi sekali saja. Tetapi repeater yang disebut FRB 121102 adalah satu-satunya sumber dari beberapa semburan berulang yang saat ini kita ketahui.

"Faktanya, kami mengambil 21 dari wilayah angkasa ini pada tahun 2017. Para ilmuwan tidak dapat menjelaskan asal-usul semburan radio cepat, tetapi telah menyarankan mereka dihasilkan oleh bintang-bintang neutron, lubang hitam supermasif atau berpotensi teknologi yang dibangun oleh peradaban alien canggih," ujarnya.

Data Breakthrough Listen disimpan dalam format teknis yang memerlukan perangkat lunak khusus untuk dianalisis, dan ukuran file bisa beberapa gigabyte. 

Jika kamu menganggap diri kamu sebagai pemburu alien, kamu dapat menemukan semua data dari proyek Breakthrough Listen. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait