Sains

Tak Hanya Manusia yang Bisa Nge-Prank, Burung Gagak Ini Juga

Hebat, burung gagak ini bisa menujukkan prank ''kejam'' terhadap mangsanya.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Gagak ketahuan nge-prank ikan yang ada di kolam. (Twitter/ VERYINTERESTlNG)
Gagak ketahuan nge-prank ikan yang ada di kolam. (Twitter/ VERYINTERESTlNG)

Hitekno.com - Kita mungkin pernah mendengar bahwa burung gagak terkenal sebagai hewan yang cerdas. Namun tak hanya itu, mereka ternyata terciduk nge-prank terhadap hewan lain.

Prank biasanya merupakan tindakan mengerjai orang lain tanpa bermaksud membahayakan objek sasaran kita sehingga bernilai lelucon.

Namun prank yang dilakukan oleh hewan satu ini sepertinya bukan untuk lelucon. Burung gagak yang ada di dalam video terlihat menunjukkan kecerdasannya dalam melakukan prank untuk ikan yang ada di kolam.

Namun prank yang ada di video hanya membuat tertawa burung gagak dan manusia yang melihatnya. Ikan yang ada di dalam kolam tampaknya hanya bisa tersenyum sinis di dalam perut gagak.

Video berdurasi 18 detik yang dibagikan oleh @VERYINTERISTING itu viral di Twitter dengan mendapatkan lebih dari 2.400 Like dan 7.000 Retweet.

Ilustrasi burung gagak. (Pixabay/ Free-Photos)
Ilustrasi burung gagak. (Pixabay/ Free-Photos)

 

Awalnya hewan yang terkenal dengan simbol seram ini tampak membawa kelopak bunga yang diletakkan di paruhnya.

Kelopak bunga akan mengambang apabila dilemparkan ke permukaan kolam. Atas sifat itu, si gagak ini memainkan si ikan agar mengira kelopak bunga adalah makanannya.

Prank si gagak mungkin hanya berlaku pada ikan yang besar, namun tidak untuk ikan kecil. Tanpa kesulitan, gagak itu langsung melahap ikan kecil yang mengira itu adalah makanan.

Terang saja, netizen banyak yang terkesima dari aksi hewan cerdas yang satu ini.

''Wow, untung gagak tidak menemukan api pertama kali, mereka bisa mendominasi makhluk hidup jika berhasil melakukannya,'' komentar @MichaelPascoe01.

''Hebat, bahkan burung s*al*n ini lebih baik dalam memancing daripada saya,'' kata @johndurant pada postingan yang viral di Twitter ini.

Dikutip dari Live Science, gagak memang terbukti sebagai hewan yang cerdas. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the Royal Society B mengungkapkan bahwa mereka dapat mengenali wajah.

Misalnya, ketika mereka bertemu dengan manusia yang jahat, ia akan mengajarkan gagak lain cara mengidentifikasi manusia itu.

Mereka juga dapat mengidentifikasi predator pembunuh yang membunuh teman mereka. Bahkan beberapa kelompok burung gagak akan bersatu dan mengejar predator pembunuh apabila jumlah kawanan hewan itu lebih besar.

Berita Terkait