Sains

Baru Ditemukan, Planet Ini Penuh dengan Harta Karun Berharga

Yuk berkunjung ke planet ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi WASP-47. (Sci-News.com)
Ilustrasi WASP-47. (Sci-News.com)

Hitekno.com - Di Bumi, manusia sering melakukan aktivitas tambang untuk menemukan segala harta berharga di perut Bumi. Hal mengejutkan belum lama ini terjadi. Para astronom baru saja menemukan sebuah planet yang berisi dengan harta karun yang sangat berharga. Kira-kira apa ya?

Biasanya, penggalian ke dalam perut Bumi dilakukan untuk menemukan berbagai mineral berharga seperti emas dan batu permata.

Lokasi-lokasi ini memang sejauh ini diduga hanya ada di Bumi, padahal beberapa planet yang ada di sekitar Bumi juga punya rahasia dan harta karunnya tersendiri lho.

Para astronom dari Universitas Zurich dan Universitas Cambridge baru saja menemukan sebuah planet yang penuh dengan batu permata.

Gugusan planet. (NASA)
Gugusan planet. (NASA)

 

Menurut laporan tersebut, planet ini terlihat sangat berkilau layaknya rubi dan zamrud. Penampakan ini membuatnya sangat serupa dengan penampakan planet-planet yang sering muncul di beberapa film sains fiksi.

Planet baru ini dinamai HD219134b dan memiliki jarak dari Bumi sekitar 21 tahun cahaya.

HD219134b ini mengorbit dengan jarak yang cukup dekat dengan bintang induknya. Hal ini yang membuat planet ini masih belum mengembangkan inti mineral logamnya layaknya Bumi.

Para astronom juga menemukan adanya silikon, magnesium, aluminium dan kalsium dalam planet ini yang membuat komponen besi tidak ada di sana.

Gambaran WASP-47. (WASP Planets)
Gambaran WASP-47. (WASP Planets)

 

Setidaknya, planet HD219134b ini bukanlah satu-satunya yang penuh dengan materi berharga seperti permata.

Sebelumnya, para astronom menemukan dua planet lainnya yang dilimpahi batu permata. Antara lain, Planet 55 Cancri e dan Planet WASP-47e.

Planet 55 Cancri e ditemukan pada tahun 2012 dengan jarak 41 tahun cahaya. Sedangkan planet WASP-47e ditemukan pada tahun 2015 dan berada sejauh 870 tahun cahaya dari Bumi.

Bagaimana, sudah ada yang cukup tertarik untuk mengunjungi planet baru HD219134b ini? Yuk cari permata di planet ini.

Berita Terkait