Sains

Ilmuwan Temukan Planet Bumi Super, Mirip Tempat Tinggal Kita?

Mirip dengan Bumi? Bisa jadi tempat tinggal kita?

Agung Pratnyawan

Barnard's Star b, planet Bumi Super yang ditemukan Ilmuwan. (ESO)
Barnard's Star b, planet Bumi Super yang ditemukan Ilmuwan. (ESO)

Hitekno.com - Ilmuwan dari Institute of Spaces Sciences di Spanyol menemukan sebuah planet yang dijuluki dengan Bumi Super. Apakah Bumi Super ini? Bisa ditinggali?

Para ilmuwan mengatakan kalau planet Bumi Super ini berada di dekat bintang bernama Barnard's Star, salah satu bintang yang dekat dengan tata surya kita.

Barnard's Star sendiri adalah bintang sejenis matahari kuno kecil yang dijuluki katai merah. Meski susah dilihat, namun bintang ini menarik perhatian ilmuwan.

Dilansir dari USA Today, bintang ini juga disebut-sebut sebagai bintang yang paling cepat bergerak di langit malam.

Sedangkan planet Bumi Super yang dimaksud memiliki massa tiga kali lebih besar dari Bumi kita. Dan temperaturnya 238 derajat di bawah nol.

Planet Bumi Super Barnard's Star b. (Live Science)
Planet Bumi Super Barnard's Star b. (Live Science)

 

Jarak planet ini dengan Bumi kita sekitar 30 triliun mil. Planet ini disebut sebagai Barnard's Star b dan termasuk Exoplanet. Sebutan untuk planet di luar tata surya kita.

Planet Barnard's Star b ini mengorbit pada bintangnya dalam waktu sekitar 233 hari. Memang lebih cepat dari Bumi kita yang 365 hari, tapi jauh lebih lama dari exoplanet lain.

Para peneliti sangat yakin akan lokasi planet ini. ''Setelah analisis yang sangat berhati-hati, kami 99 persen yakin keberadaan planet tersebut di sana'' kata Ignasi Ribas, salah satu peneliti.

Peneliti menggunakan data dari beragam teleskop untuk menemukan planet Bumi Super ini. Sayangnya, letak planet ini tidak memungkinkan untuk adanya air mengalir.

Karena kemungkinan kecil ada air mengalir, peneliti juga pesimis adanya kehidupan di planet tersebut. Apalagi kekuatan sinar Bernard's Star hanya 2 persen dibanding Matahari kita.

Lokasi Barnard's Star. (IEEC/Science-Wave - Guillem Ramisa)
Lokasi Barnard's Star. (IEEC/Science-Wave - Guillem Ramisa)

 

Namun peneliti sangat antusias untuk mempelajari planet Barnard's Star b ini. Dan hasil penelitiannya telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Penggunaan nama planet Bumi Super sendiri adalah sebutan untuk planet luar tata surya kita yang lebih besar dari Bumi tapi lebih kecil dari planet gas raksasa.

Istilah planet Bumi Super ini sendiri merujuk pada massa planet dan tidak ada hubungannya dengan kondisi permukaan atau habitat di planet tersebut.

Sebutan planet Bumi Super juga tidak ada kaitannya dengan suhu dan lingkungan seperti tempat kita tinggal. Dan tidak ada kaitannya dengan kemungkinan bisa ditinggali.

Berita Terkait