Sempat Hilang Ditelan Bumi, 5 Kota Ini Malah Muncul Kembali

Paling misterius tentu yang nomor 5.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Rabu, 14 November 2018 | 10:15 WIB
Ilustrasi. (pixabay/nonbirinonko)

Ilustrasi. (pixabay/nonbirinonko)

Hitekno.com - Jauh sebelum manusia modern hidup, tentu ada kehidupan sebelumnya yang bisa saja menghilang secara misterius. Entah karena bencana alam atau bahkan perang. Anehnya sejarah mencatat setidaknya ada 5 kota yang sempat hilang ditelan Bumi, kembali muncul secara misterius.

Berbicara mengenai kota yang hilang, yang muncul di pikiranmu pasti Atlantis. Kisah Atlantis hingga kini bahkan masih menjadi perdebatan antara ilmuwan.

Baca Juga: - Pesan Dari Laut, Ikan Ini Dianggap Sebagai Pertanda Gempa Bumi - Dapat Dikendalikan Otak, Ini Proyek TV Terbaru Samsung - Suka Menakuti Nazi, Ini Pasukan Khusus Ghost Army - Loyalitas, Hiroo Onoda Bertempur Sendirian Selama Perang Dunia II

Kisah kota Poseidon ini lalu menjadi misteri tertua dan terbesar di dunia setelah diperkenalkan oleh Plato pada 2.300 tahun silam.

Dalam beberapa catatan sejarah, Atlantis ternyata bukan satu-satunya kota yang raib. Legenda tertentu juga menyebutkan sekiranya ada beberapa kota yang hilang ditelan gelombang, terkubur tanah dan pasir, hilang ditelan hutan, atau bahkan terkubur bersama kemajuan zaman.

Pada kasus tertentu, kota yang hilang ini tidak bisa ditemukan lagi. Namun, dalam kasus yang berbeda, ada 5 kota yang sempat hilang dan kembali muncul secara misterius. Berikut beberapa di antaranya.

1. Urkesh, Kota Hurria

Ilustrasi. (pixabay/skitterphoto)
Ilustrasi. (pixabay/skitterphoto)

Urkesh dulunya adalah kota utama dalam peradaban Hurria. Dalam mitologi, kota ini disebutkan sebagai tempat asal dewa primordial.

Kota ini dulunya ada pada 4.000 dan 1.300 SM dan menjadi pusat politik dan keagamaan, sekaligus menjadi tempat singgah rute perdagangan utara-selatan antara Anatolia dan kota-kota di Suriah dan Mesopotamia.

Urkesh menjadi ibukota kerajaan dan berkuasa atas dataran tinggi di bagian utara yang sekaligus menjadi penghasil tembaga yang membuat kota menjadi kaya.

Setelah tanpa alasan jelas menghilang, pada 1980-an, para ahli arkeologi sukses menemukan Tell Mozan yang menjulang tinggi. Tidak mendapat perhatian serius, satu dekade kemudian, para peneliti lalu menyadari bahwa Tell Mozan tersebut adalah Urkesh, kota yang hilang.

2. Kerajaan Mistis Wales

Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)

Sekitar abad ke-6 berdiri sebuah kerajaan legendaris yang dikenal sebagai Cantre'r Gwaelod yang diperintahkan oleh seorang raja bernama Gwyddno Garanhir.

Menurut legenda, kerajaan ini menghilang ketika seorang dukun wanita peri sumur bernama Mererid menenggelamkannya.

Beberapa dekade setelah kejadian tersebut, secara misterius, muncul hutan prasejarah di tengah cuaca buruk di Cardigan Bay, bagian barat Wales. Banyak yang lalu percaya jika tempat tersebut adalah Cantre'r Gwaelod yang legendaris.

Berbagai penelitian lalu dilakukan, para peneliti menemukan jalur pejalan kaki dengan sejumlah tiang, fosil jejak kaki manusia dan hewan, hingga sejumlah perkakas buatan manusia.

3. Kota Helike yang Hilang

Ilustrasi. (pixabay/darksouls1)
Ilustrasi. (pixabay/darksouls1)

Kota purba Helike awalnya terletak di Achaea yang berada di barat laut semenanjung Peloponnesia. Kota ini menjadi pusat ekonomi, budaya, hingga agama.

Dalam satu malam pada 373 SM, kota Helike menghilang secara misterius. Kabarnya terjadi gempa besar dan tsunami yang sukses menyapu bersih kota ini.

Tepat pada 2001, kota ini digali dan ditemukan di Achaea, Yunani. Pada 2012, para peneliti akhirnya memastikan jika kota tersebut adalah Helike yang hilang.

4. Caral, Kota Piramida

Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi. (pixabay/Free-Photos)

Kota Suci Caral dikenal sebagai daerah metropolis yang berusia 5.000 tahun. Kota ini berisi berbagai praktik pertanian yang rumit, kekayaan budaya, hingga arsitektur monumental.

Sayangnya, kota puba ini terkubur pasir selama ribuan tahun hingga akhirnya pada 1905 ditemukan oleh seorang ahli arkeologi Jerman bernama Max Uhle.

Pada 1970, para ahli arkeologi berhasil mengungkapkan bahwa bukit pasir tersebut adalah piramida bertangga. Harus menunggu hingga 1990 sampai seluruh kota Caral ini dapat terungkap dan keluar dari persembunyiannya.

5. Kota Suku Maya di Meksiko

Ilustrasi. (pixabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi. (pixabay/TheDigitalArtist)

Tepat pada 2014, para ahli arkeologi menemukan dua kota puba bangsa Maya yang sudah lama hilang di pedalaman Meksiko.

Beberapa temuan tersebut antara lain reruntuhan kuil piramida, reruntuhan istana, dan gerbang berbentuk mulut monster yang menjadi dewa kesuburan bangsa Maya. Di dekat penemuan tersebut, para peneliti juga menemukan patung dan altar batu yang terukir gambar dan tulisan yang terawetkan.

Tidak diketahui mengapa kota ini hilang dan baru bisa ditemukan dalam hutan rimba Meksiko.

Itu tadi deretan kota yang sempat menghilang lalu muncul kembali secara misterius. Menurut kamu, paling misterius yang mana?

Berita Terkait

TERKINI

Kerap dianggap sebagai planet mati, rupanya masih ada aktivitas geologis di Mars.
sains | 16:49 WIB
Mulanya ilmuwan percaya bahwa tak ada binatang yang bisa menghasilkan antibiotik secara mandiri, sampai akhirnya jenis kerang ini ditemukan.
sains | 16:29 WIB
Ternyata Mars dipenuhi dengan air dan ada juga Tsunami seperti di Bumi.
sains | 21:39 WIB
Teknologi ini tidak mengandung adiktif yang mencemari lingkungan.
sains | 20:46 WIB
Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Tampilkan lebih banyak