Sains

Selain Bumi Datar, Ini Deretan Teori Lain Soal Bentuk Planet Ini

Paling sering terdengar adalah bentuk Bumi adalah datar.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi. (Pexels/Pixabay)

Hitekno.com - Bumi tempat manusia hidup disebut sebagai planet ketiga dari Matahari yang paling padat dan terbesar dari planet lainnya dalam tata surya.

Sebagai yang terbesar, Bumi tentu menyimpan banyak misteri dan fakta yang tersembunyi. Tidak semua fakta dapat dipahami dan diterima oleh sebagian orang.

Salah satu hal yang mungkin sulit diterima dan dipahami adalah bentuk Bumi. Hingga kini, banyak terjadi perdebatan mengenai bentuk Bumi. Entah itu benar-benar bulat atau datar seperti yang beberapa kelompok percayai.

Namun, selain bulat dan datar, berikut beberapa teori lain mengenai bentuk Bumi.

1. Bumi Kotak

Ilustrasi. (Pexels/Magda Ehlers)
Ilustrasi. (Pexels/Magda Ehlers)

 

Seorang pensiunan ilmuwan NASA, bernama Prof Keith Loore mengungkapkan bahwa bentuk Bumi yang ia lihat berdasarkan penelitian adalah kotak.

Jika ia berpendapat bahwa Bumi kotak, maka sudut-sudut kotak tersebut adalah pegunungan yang menjulang tinggi ke cakrawala.

Menurutnya, Bumi tidak mungkin berbentuk bulat. Teorinya adalah, jika Bumi berbentuk bulat, maka perputaran poros Bumi tentu akan lebih cepat daripada umumnya karena gaya gesek Bumi dengan ruang angkasa.

Jika Bumi bulat dan berputar cepat, kehidupan Bumi tentu akan terlempar ke luar angkasa. Belum lagi dengan gesekan oksigen di atmosfer dengan udara, hal ini akan langsung mengakibatkan radiasi nuklir dan menghanguskan dunia dalam hitungan detik.

2. Bumi dalam punggung kura-kura

Ilustrasi. (Pexels/Tanguy Sauvin)
Ilustrasi. (Pexels/Tanguy Sauvin)

 

Dalam mitologi Yunani, dipercaya bahwa Atlas menggendong Bumi. Dalam teori lainnya, para ilmuwan percaya bahwa seekor kura-kura yang selama ini menyokong Bumi.

Teori satu ini dipercaya oleh berbagai kebudayaan kuno. Seperti Tiongkok, India, hingga pedalaman Amerika.

Namun dalam teori modern, hal ini kembali dikemukakan oleh Jasper Danckaerts melalui teori Geoterrapinism Theory.

3. Bumi berongga, ada Bumi dalam Bumi

Ilustrasi. (Pexels/Porapak Apichodilok)
Ilustrasi. (Pexels/Porapak Apichodilok)

 

Teori mengenai Bumi berongga dan Bumi dalam Bumi diangkat kembali oleh Edmund Halley dan diperjuangkan oleh John Cleves Symmes. Aristoteles juga pernah berpikir demikian dan percaya bahwa Bumi berongga. Banyak yang berpendapat jika Bumi berbentuk bulat berongga dan ada lubang pintu untuk masuk ke dalam Bumi lainnya.

Teori lain menjelaskan dan percaya bahwa Bumi memiliki empat Bumi lainnya berukuran kecil. Dan Bumi yang sekarang kita tinggali ada di dalam perut Bumi yang lebih besar.

Bumi berongga dan ada Bumi dalam Bumi ini bisa kamu pelajari dalam teori Hollow Earth Theory.

4. Bumi program komputer raksasa

Ilustrasi. (Pexels/Jaymantri)
Ilustrasi. (Pexels/Jaymantri)

 

Paling menyeramkan, ada teori lain yang percaya jika bumi adalah program komputer raksasa.

Pendapat ini dipengaruhi oleh kemajuan zaman dan teknologi yang sangat cepat saat ini. Orang lalu berteori dan percaya bahwa Bumi yang sekarang dihuni ini hanyalah bentuk simulasi.

Itu tadi deretan teori mengenai bentuk Bumi yang hingga saat ini masih dipercaya oleh beberapa orang. Kalau kamu, paling percaya sama teori bentuk Bumi yang mana?

Berita Terkait