Sains

Hasil Penelitian Ini Ungkap Karakteristik Wajah yang Menarik

Ingat ya, tidak selamanya fisik berpengaruh pada perasaan seseorang.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi wajah. (pexels/Gratisography)
Ilustrasi wajah. (pexels/Gratisography)

Hitekno.com - Manusia biasanya akan saling tertarik satu sama lain dari bentuk fisik dan wajah lawan jenisnya. Soal satu ini memang sangat sulit untuk memahami karakteristik wajah seperti apa yang menarik lawan jenis. Untuk mengetahui hal ini, sebuah penelitian lalu dilakukan. Apa saja hasilnya?

Memang untuk tertarik dengan lawan jenis, bukan hanya mengenai fisik. Bagaimana ia bersikap, sifat, hingga kebiasaannya terkadang turut mempengaruhi seseorang terlihat menarik di mata lawan jenis.

Dalam sebuah penelitian, setidaknya beberapa karakteristik wajah di bawah ini dianggap paling menarik. Entah benar atau tidak, namun hasil ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dalam waktu yang lama.

Pertama, wajah simetris. Dalam studi yang muncul di Journal of Comparative Psychology, dijelaskan bahwa dalam kondisi fokus, pria dan wanita lebih menyukai wajah yang lebih simetris.

Ilustrasi wajah. (pexels/Min An)
Ilustrasi wajah. (pexels/Min An)

 

Pada penelitian dengan anak kembar, ditemukan bahwa si kembar dengan wajah yang lebih simetris dianggap lebih menarik.

Sedangkan pada penelitian untuk para primata (monyet), hewan ini rupanya memandang wajah yang simetris lebih lama jika dibandingkan dengan wajah asimetris.

Kedua, wajah yang serupa secara rata-rata. Pada sebuah penelitian tahun 1878, ditemukan bahwa sekelompok wajah yang serupa saat dijajarkan bersama dianggap lebih menarik daripada mereka yang seorang diri.

Ketiga, wajah yang terlihat lebih tua. Pada studi tahun 2012, ditemukan bahwa wanita lebih menyukai pria yang terlihat lebih tua. Dalam penelitian, hal ini dikenal sebagai ''George Clooney Effect''.

Keempat, rambut di wajah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2013 yang melibatkan 177 pria dan 351 wanita. Hasilnya, wanita ternyata menyukai pria dengan janggut tebal.

Ilustrasi wajah. (pexels/Martin Péchy)
Ilustrasi wajah. (pexels/Martin Péchy)

 

Untuk karakteristik wajah yang menarik berikutnya adalah luka di wajah. Dalam penelitian yang dimuat di Journal of Personality and Individual Differences, temukan bahwa pria ternyata dianggap lebih menarik jika memiliki bekas luka di wajah. Sayangnya, hal ini tidak berlaku sebaliknya ke wanita.

Selanjutnya adalah wajah yang mirip dengan orangtua. Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa wajah yang mirip dengan orangtua dianggap lebih menarik.

Biasanya pria dan wanita akan melihat ke orangtuanya sebagai citra dirinya. Hal ini lalu berpengaruh pada rasa ketertarikan seseorang dengan bentuk wajah lawan jenisnya.

Itu tadi beberapa karakteristik wajah yang menarik menurut sebuah hasil penelitian. Ingat ya, tidak selamanya fisik berpengaruh pada perasaan seseorang. Punya kepribadian yang baik dan hangat juga menjadi salah satu karakteristik seseorang disukai.

Berita Terkait