Games

Hasil Penelitian, Ternyata Gamer Cewek Cenderung Masuk IPA

Bukan berarti cewek IPS nggak ada yang gamer lho.

Agung Pratnyawan

Yuko Chocoblanka. (Instagram/@Chocoblanka)
Yuko Chocoblanka. (Instagram/@Chocoblanka)

Hitekno.com - Gamer masih punya citra negatif yang malas untuk sekolah. Padahal, tidak sedikit dari gamer yang cerdas di kelas. Lalu bagaimana dengan gamer cewek, apa cerdas juga?

Sebuah studi mengungkap ternyata gamer cewek cenderung masuk IPA, atau cabang-cabang ilmu pasti. Seperti jurusan teknik dan sains.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Computers in Human Behaviour ini dilakukan oleh Dr Anesa Hosein dari University of Surrey, Inggris.

Anin dan Angel JKT48 bermain PUBG Mobile. (YouTube/JKT48 TV)
Anin dan Angel JKT48 bermain PUBG Mobile. (YouTube/JKT48 TV)

 

Dalam penelitiannya, Dr Anesa Hosein menemukan korelasi positif antara gamer cewek yang bermain game 9 jam seminggu dengan ketertarikan masuk jurusan ilmu pasti atau PSTEM (Physical Science, Technology, Engineering, Maths).

Dr Anesa Hosein mengumpulkan data dari sekitar 7.300 responden. Dan menganalisis korelasi gamer cewek dengan ketertarikan ilmu pasti.

Ditemukan kalau gamer cewek punya kecenderungan lebih tinggi tiga kali lipat dari cewek non gamer untuk masuk ke jurusan ilmu pasti.

Selain itu, ditemukan kalau 100 persen wanita yang sudah masuk ke jurusan ilmu pasti teridentifikasi sebagai seorang gamer.

Anin dan Gracia JKT48 bermain PUBG Mobile. (YouTube/JKT48 TV)
Anin dan Gracia JKT48 bermain PUBG Mobile. (YouTube/JKT48 TV)

 

Namun perlu diingat, yang diungkap penelitian ini adalah korelasi atau hubungan bukan kausal atau sebab-akibat.

Sehingga tidak bisa diartikan game membuat seseorang jadi suka ilmu pasti. Begitu juga ilmu pasti tidak membuat seorang cewek jadi gamer.

Bagaimana dengan gamer cewek di sekitarmu? Apa dia masuk IPA atau ambil jurusan ilmu pasti. Atau kamu sendiri seorang gamer cewek?

Berita Terkait