Sains

Desain Rumah untuk Planet Mars Sudah Dirancang, Sangat Canggih

Bentuknya imut seperti sarang lebah!

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Desain tangga di dalam Proyek Marsha. (AI Space Factory/ Plompmozes)
Desain tangga di dalam Proyek Marsha. (AI Space Factory/ Plompmozes)

Hitekno.com - Studio penelitian dan aristektur yang bernama AI Space Factory telah mendesain rumah cetak 3D untuk manusia di masa depan. Desain rumah untuk Planet Mars tersebut terlihat seperti sarang lebah dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Dijuluki dengan proyek Marsha, proyek ini berbentuk hunian vertikal yang sudah memenuhi standar program NASA Printed Habitat Challenge.

Setiap ''sarang'' dapat menampung empat astronot dan dapat dicetak melalui ''printer 3D'' dengan menggunakan rover konstruksi statis dan material yang dikumpulkan di Planet Mars.

Desain rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)
Desain rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)

 

Materi yang diperlukan termasuk batuan basal dan bioplastik terbarukan. Desain bangunan vertikal proyek Marsha disesuaikan dengan atmosfer Mars sehingga didukung dengan persediaan oksigen yang memadai.

Ketika dibangun, bangunan ini didesain agar meminimalkan pergerakan rover konstruksi di medan yang tidak dikenal. Hal itu memungkinkan bangunan dicetak dengan kondisi statis.

Dikutip dari The Spaces, biasanya struktur bangunan di Bumi dirancang terutama untuk menangani gravitasi dan angin.

Namun ''sarang'' atau desain rumah untuk Planet Mars dirancang untuk menangani tekanan atmosfer internal dan tekanan struktural.

Desain dalam rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)
Desain dalam rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)

 

Tempat tinggal berdesain silinder ini terdiri dari ''kulit luar'' yang ditambatkan ke permukaan Planet Mars untuk melindungi terhadap angin kencang.

Terdapat sebuah ''cangkang internal'' yang akan memberikan ruangan untuk melindungi manusia terhadap kontak langsung dari lingkungan Planet Mars yang kering.

Desain rumah untuk Planet Mars terdiri dari empat tingkat, lab basah di tingkat dasar serta dapur dan lab kering di lantai dua. Dua lantai teratas digunakan sebagai tempat rekreasi bagi para astronom.

Suasana di dalam sarang. (AI Space Factory/ Plompmozes)
Suasana di dalam sarang. (AI Space Factory/ Plompmozes)

 

Terdapat kamar tidur yang didesain dengan semi tertutup untuk menyediakan privasi namun tetap aman ketika terjadi goncangan.

Desain rumah untuk Planet Mars masih dirancang dengan perbandingan prototipe 1:3, namun saat waktunya tiba, kita akan melihat ''sarang raksasa'' sebagai tempat tinggal manusia di Planet Merah.

Berita Terkait