Sains

Teknologi OmniSkins, Semua Benda Bisa Menjadi Robot

Boneka unyu milikmu bisa juga jadi robot!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Robot dari OmniSkin. (Gizmodo)
Robot dari OmniSkin. (Gizmodo)

Hitekno.com - Biasanya robot hanya ditugaskan untuk melakukan satu tugas khusus. Namun berbeda dengan robot yang satu ini, teknologi OmniSkins bisa membuat semua objek menjadi robot multifungsi.

Teknologi OmniSkins adalah sebuah teknologi robotik yang dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Yale. Teknologi ini dapat mengembangkan semacam ''kulit robot'' yang mengubah semua objek biasa menjadi robot multifungsi.

Terobosan teknologi skin robot bermula dari kumpulan ide dari asisten profesor Rebecca Kramer-Bottiglio dan rekan-rekannya di Universitas Yale.

Hasil penelitian mengenai perkembangan teknologi OmniSkins telah diterbitkan pada tanggal 19 September 2018 di Science Robotic.

Teknologi OmniSkins ini sangat berguna di masa depan terutama untuk melakukan penelitian di planet Mars. Untuk itulah tim peneliti yang dipimpin oleh Kramer mendapatkan hibah sebesar 2 juta dolar AS atau Rp 29,7 miliar dari National Science Foundation.

Astronot dapat menggunakan OmniSkins untuk menyesuaikan benda-benda yang tidak bisa bergerak menjadi sebuah robot di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Bahkan untuk membuat lengan robot yang sederhana, astronot hanya memerlukan sebuah potongan busa khusus.

Dalam sebuah misi khusus, teknologi ini dapat digunakan untuk menciptakan kendaraan rover berbentuk bola sehingga mampu berguling secara otomatis di medan sulit saat berada di Planet Merah.

Dikutip dari Gizmodo, Teknologi OmniSkins terbuat dari lembaran elastis yang tertananam dengan sensor dan aktuator.

Lembaran yang fleksibel itu dapat dibungkus atau ditempelkan pada permukaan lunak seperti boneka binatang atau tabung busa.

Teknologi OmniSkins akan berguna saat berada Planet Mars. (Tech Explore)
Teknologi OmniSkins akan berguna saat berada Planet Mars. (Tech Explore)

 

Skin kemudian ''menghidupkan'' objek-objek ini dengan menerapkan kekuatan ke permukaannya sehingga dapat mengarah ke gerakan yang berbeda.

Meski terlihat sederhana, teknologi OmniSkins dapat dikembangkan untuk tujuan yang lebih kompleks ke depannya.

Dalam tes, teknologi ini memungkinkan kuda mainan dapat berjalan dengan keempat kaki milikinya dan silinder busa dapat bergerak seperti sebuah cacing.

Robot juga bisa diletakkan di sebuah baju sehingga bisa memperbaiki postur tubuh yang buruk.

Teknologi OmniSkins yang membuat semua benda fleksibel bisa menjadi robot akan sangat berguna di masa depan.

Berita Terkait