Sains

Ilmuwan Temukan Asteroid Palma, Tiga Kali Ukuran Kota London

Jika menghantam Bumi, semua kehidupan akan musnah!!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Asteroid Palma. (Dailystar)
Ilustrasi Asteroid Palma. (Dailystar)

Hitekno.com - Ilmuwan menemukan bongkahan batu luar angkasa atau asteroid yang sangat besar. Berukuran tiga kali kota Londond, batuan luar angkasa ini dinamakan asteroid Palma.

Jika menghantam Bumi, asteroid Palma ini bisa memusnahkan seluruh kehidupan. Hal ini karena saking besarnya ukuran asteroid ini.

Untungnya, arah pergerakan asteroid ini tidak berpotensi menghantam Bumi. Selain itu, ukurannya yang besar membuatnya mudah dikenali dan diprediksi arah geraknya.

Asteroid Palma. (Wikipedia)
Asteroid Palma. (Wikipedia)

 

Dilansir dari Metro.co.uk, asteroid Palma ini tetap pada orbitnya yang mengelilingi Matahari. Tepatnya berada di antara planet Mars dan Jupiter.

Asteroid Palma ini pertama kali muncul pada 1893, namun saat itu tidak diketahui ukurannya. Barulah di era modern ini, ilmuwan dapat mengukur seberapa besar asteroid ini.

Astronom menggunakan teleskop Very Long Baseline Array (VLBA) milik National Science Foundation untuk meneliti batuan angkasa yang melintas di depan galaksi yang disebut 0141+268.

Teleskop VLBA. (Phys.org)
Teleskop VLBA. (Phys.org)

 

Para ilmuwan mengamati asteroid ini saat menghalangi cahaya yang berasal dari galaksi tersebut. Hal ini sering disebut occultation.

Sekarang para astonom mengamati asteroid Palma ini dengan gelombang radio. Mereka mengukur bagaimana sifat gelombang radio yang diterima dari Bumi saat ada asteroid melintas di hadapan 0141+268.

Leonid Petrov dari Geodesy and Geophysics Lab di NASA, mengungkapkan cara ini memudahkan mereka dalam mengukur asteroid Palma.

Berita Terkait