Kena Serangan Artileri, Reaktor Nuklir Terbesar di Eropa Berhenti Beroperasi

Serangan ini membuat instansi terkait terpaksa mengandalkan generator diesel.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 25 November 2022 | 19:42 WIB
Ilustrasi reaktor nuklir. (Pixabay/ Amort)

Ilustrasi reaktor nuklir. (Pixabay/ Amort)

Hitekno.com - Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye (ZNPP) di Energodar kembali terputus dari jaringan listrik eksternal dan mengandalkan generator diesel untuk daya darurat untuk menjaga keamanan reaktor, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) melaporkan pada hari Rabu.

"Insiden terbaru di ZNPP menyoroti situasi keselamatan dan keamanan nuklir yang semakin genting dan menantang di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, datang hanya beberapa hari setelah berulang kali ditembaki," kata Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi seperti dilansir dari RT.

Baca Juga: - Deretan Kode Rahasia di Netflix, Lebih Cepat Cari Film dan Series Favorit - Ilmuwan Temukan Metode Baru untuk Penanganan Kanker Ginjal - Blibli Helat Big PayDay, Sediakan 5 Juta Barang untuk Tarik Pelanggan

ZNPP kehilangan daya pada pukul 15.30 waktu setempat, menurut tim IAEA di lokasi. Saat ini, delapan dari 20 generator darurat menyediakan listrik cadangan untuk peralatan keselamatan.

Keenam reaktor itu aman dan stabil, tambah pengawas nuklir PBB. Empat sudah dalam mode "cold shutdown", sedangkan dua yang telah berada dalam "hot shutdown" untuk memberi Energodar pemanasan uap akan disiapkan untuk pendinginan. Pasukan Rusia telah menguasai pabrik itu sejak 28 Februari.

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN. (Pixabay)
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN. (Pixabay)

Pada bulan Juni, pasukan Ukraina mulai meluncurkan serangan drone dan artileri ke fasilitas itu, menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Kiev telah membantah tuduhan itu dan mengklaim Rusia mengebom pabrik itu dalam operasi "bendera palsu" untuk membuat Ukraina terlihat buruk.

Serangan berhenti setelah IAEA meninggalkan tim pengamat di lokasi, tetapi dilanjutkan akhir pekan lalu ketika lebih dari 30 proyektil menghantam fasilitas tersebut. Moskow telah menuntut IAEA melakukan tugasnya dan menyebutkan pelakunya, yang diidentifikasi oleh pejabat Rusia sebagai artileri Ukraina yang ditempatkan di Marganets, di seberang Sungai Dnieper.

Kami tidak memiliki cara untuk menentukan" siapa yang melakukan serangan itu, Farhan Haq, wakil juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin sebagai tanggapan atas permintaan Rusia. IAEA melaporkan penembakan itu tetapi belum pernah sekalipun menyebutkan nama pelaku.

Militer Ukraina sebelumnya telah mengakui menargetkan daerah di mana pabrik itu berada. Sebelumnya pada Rabu, Grossi berada di Turki untuk pertemuan dengan direktur jenderal Rosatom Alexey Likhachev.

Kepala energi atom Rusia sebelumnya mengatakan penembakan ZNPP oleh Ukraina telah menciptakan kondisi yang matang untuk "bencana nuklir."

Grossi mengatakan bahwa selama pertemuan itu dia sekali lagi mendorong untuk menciptakan "zona perlindungan keselamatan dan keamanan nuklir" di sekitar pabrik, sebuah gagasan yang telah berulang kali ditolak oleh Moskow sebagai non-starter, karena pasukan Ukraina tidak akan mematuhinya.

Berita Terkait

TERKINI

Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak