Riset Terbaru Ungkap Kelelahan dan Stres Bisa Picu Penurunan Produktivitas

Lenovo melakukan riset mendalam secara global untuk memahami cara berpikir, mengidentifikasi kesenjangan dalam berpikir, dan mengungkap cara berpikir baru melalui teknologi.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:35 WIB
Ilustrasi lelah bekerja. (Pixabay)

Ilustrasi lelah bekerja. (Pixabay)

Hitekno.com - Untuk melihat secara kritis bagaimana tantangan sosial saat ini telah mempengaruhi produktivitas dan perilaku secara global, Lenovo untuk pertama kalinya merilis Think Report.

Laporan ini mengidentifikasi cara berpikir yang sesuai pada dunia saat ini, dengan salah satu temuannya bahwa responden global mengklaim hilangnya produktivitas sekitar dua jam per hari karena ketidakmampuan mereka untuk berpikir secara terarah yang disebabkan oleh faktor utama seperti kelelahan, stres, dan juga lelah secara mental yang mereka telah rasakan dari perubahan lingkungan sosial yang luar biasa dalam dua tahun terakhir.

Laporan ini berdasarkan survey yang telah dilakukan kepada sebanyak 5,700+ orang yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Jepang – yang datang pada perhelatan 30th tahun Lenovo ThinkPad.

Baca Juga: Remehkan BOOM Esports, Yatoro "Turu" di The International 2022

Data yang didapat bertujuan untuk mengedukasi orang di dunia kerja tentang pentingnya "real thinking," atau cara berpikir dengan benar, yang akan membantu mereka untuk menggunakan teknologi secara lebih cerdas, kolaboratif -- dan tidak terlalu mengganggu kehidupan dalam proses berkembang.

“Ini membuka mata kita bahwa secara global orang-orang merasa kemajuan masyarakat saat ini sedang beresiko karena kurangnya real thinking. 80% dari mereka yang terlibat dalam survei percaya bahwa, kita sebagai masyarakat, perlu mengembangkan sebuah revolusi baru dalam berpikir,” komentar Emily Ketchen, VP dan CMO Intelligent Devices Group, Lenovo.

“Dengan merayakan hari jadi ThinkPad yang ke30, ini menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi kembali bagaimana teknologi yang berpusat pada manusia dapat mengkatalisasi cara berfikir yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan kita baik dirumah, kantor, sekolah, dan banyak lagi.”

Baca Juga: Pola Tidur Masyarakat Berubah, Durasi Bertambah tetapi Mutu Menurun Pasca Pandemi

Kesenjangan Berpikir

Sebagian besar responden merasa bahwa peristiwa yang terjadi beberapa tahun terakhir (seperti, COVID19, gangguan ekonomi, dll.) berkontribusi dan memperparah situasi, meningkatkan multitasking dan kelelahan, yang dapat merusak kualitas berfikir mereka kedepannya.

Dari semua responden, hanya 34% yang mengatakan bahwa mereka menghabiskan "semua" atau "sebagian besar" waktu mereka untuk berpikir jernih, mendalam, dan produktif.

Baca Juga: Jangkau Jutaan Konsumen Pembayaran Digital, Grab Gandeng i.saku

  • Secara global 75% pengambil keputusan IT mengatakan bahwa rekan kerja mereka berjuang "sangat luar biasa" atau "ala kadarnya" untuk terlibat dalam proses berpikir yang jernih dan produktif.
  • 64% peserta survei merasa bahwa mereka bergantung pada proses berpikir praktis atau "bertahan”/survival dan kemampuan untuk berpikir cepat dan bekerja secara multitasking itu "sangat penting" atau "penting" – dengan demikian, hal ini berdampak terhadap berkurangnya pemikiran inovatif dan pemikiran yang dapat menciptakan sebuah kemajuan.

Secara bersamaan, sebagian besar responden merasa situasinya tidak membaik, yakni memproyeksikan bahwa hidup mereka tidak akan menjadi lebih mudah atau berkurang rasa stresnya selama beberapa tahun ke depan.

Kekuatan Berpikir

Secara global, sebagian besar responden mengatakan mereka berjuang untuk mencapai proses berpikir lebih baik saat ini, responden memiliki asosiasi positif dengan pemikiran yang lebih baik dan memahami manfaat yang akan ditiimbulkan dengan meningkatkan tingkat kemampuan berpikir.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu OIS dan Cara Kerjanya, Jadi Fitur Unggulan di HP Poco F4?

  • 65% responden percaya bahwa berpikir dengan jernih, mendalam, dan produktif akan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.
  • 79% dari mereka yang terlibat survei di AS menganggap berpikir kritis adalah sesuatu yang "sangat amat penting" atau "sangat penting."

Kebiasaan Berpikir

Orang-orang memahami kekuatan cara berpikir yang lebih baik, dan waktu untuk berpikir produktif sangat bervariasi tergantung pada wilayahnya, hal ini juga tidak selalu sejalan dengan jam kerja biasanya yaitu dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore.

  • 37% orang Amerika yang terlibat dalam survei dan 24% responden di Inggris lebih menyukai waktu produktif ketika larut malam atau dini hari.
  • 25% responden Jepang lebih menyukai waktu produktif di pertengahan pagi. Di sisi lain, 35% orang Jerman berpikir lebih jernih ketika di malam hari.

Secara keseluruhan, mereka yang terlibat dalam survei percaya bahwa hal nomor #1 yang harus dimiliki untuk mendapatkan pemikiran yang lebih baik adalah lingkungan yang tenang – dan responden di AS, Inggris, dan Jerman menyatakan bahwa teknologi peredam suara sangat membantu mereka dalam berpikir lebih dalam.

Berpikir Lebih Baik Diberdayakan oleh Teknologi

Berdasarkan penelitian, evolusi dalam teknologi komunikasi dan kolaborasi dianggap sebagai fitur yang paling membantu dalam berpikir lebih baik. Selain itu, mempelajari cara menggunakan teknologi dengan lebih terarah – termasuk menetapkan beberapa batasan, membatasi gangguan, dan mengurangi kekacauan informasi – dapat membantu kita membangun kebiasaan berpikir yang lebih baik.

  • 66% Pengguna bisnis yang terlibat dalam survei mencari informasi tentang bagaimana teknologi dapat membantu pemikiran yang jernih, mendalam, dan produktif. Mereka juga lebih bersedia untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi kembali hubungan mereka dengan teknologi. Misalnya, banyak yang merasa bahwa menyederhanakan tugas dapat membantu individu mencapai pemikiran yang lebih baik.
  • 40% responden di Jerman akan belajar bagaimana menggunakan teknologi dengan lebih terarah.
  • 39% responden di AS akan menetapkan batasan seputar penggunaan teknologi mereka. Misalnya, mengatur waktu untuk memainkan alat musik atau berolahraga.

Secara luar biasa, IT decision makers yang terlibat dalam survei merasa optimis akan teknologi yang dapat diakses oleh rekan kerja mereka dan bagaimana hal itu mendorong untuk mendapatkan pikiran yang jernih bagi karyawan ataupun organisasi.

Baik di saat yang mendesak untuk memenuhi deadline, atau terkait dengan kebutuhan para pelaku bisnis untuk berkolaborasi, atau mendapatkan peluang untuk menciptakan hal baru. Lebih dari 60% dari mereka yang terlibat dalam survei berpendapat bahwa teknologi membantu individu yang terlibat dalam kegiatan berpikir yang kritis, reflektif, kolaboratif, ekspansif/eksploratif, dan/atau berpikir hal baru.

Berpikir untuk Kemanusiaan

Secara keseluruhan, responden percaya bahwa berpikir yang lebih baik berpotensi menghasilkan dampak jangka panjang. Mayoritas dari mereka yang terlibat dalam survei setuju bahwa cara berpikir lebih baik akan meningkatkan collective humanity atau tindak kebaikan secara bersamaan , serta kita pun akan lebih mudah untuk memecahkan tantangan yang dihadapi manusia untuk kehidupan generasi mendatang.

  • 62% responden di AS, 54% responden di Inggris, dan 52% responden di Jerman mengatakan bahwa masyarakat kita akan lebih baik jika kita terlibat dalam pemikiran yang lebih jernih, dalam, dan produktif.

Berita Terkait
TERKINI

Melalui Yandex Cloud, Yandex Weather, dan Yandex School of Data Analytics (YSDA) berkolaborasi untuk mengintegrasikan ke...

sains | 12:33 WIB

Apa saja fitur canggih yang ada di CBR 150? Simak rinciannya di bawah ini....

sains | 12:12 WIB

Pertamina Foundation bersama Fakultas Kehutanan UGM telah melakukan kerja sama rehabilitasi hutan "Hutan Pertamina UGM"...

sains | 14:04 WIB

Dengan memanfaatkan algoritma AI, perusahaan ini berhasil membuka jalan bagi pengembangan obat terobosan potensial....

sains | 16:10 WIB

Objek ini punya suhu jauh lebih tinggi daripada matahari walaupun tak begitu terang. Objek apa gerangan?...

sains | 16:22 WIB

Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA (CNEOS) telah mencatat lebih dari 32.000 asteroid yang berada dekat dengan Bumi....

sains | 15:44 WIB

Kontribusi Goodenough merevolusi bidang teknologi membuat namanya layak dikenang sebagai sosok penting....

sains | 13:54 WIB

Jika tidak ada yang dilakukan, tingkat diabetes akan terus meningkat di setiap negara selama 30 tahun ke depan....

sains | 18:50 WIB

Vladimir Putin, pertama kali mengumumkan pengembangan drone Poseidon dalam pidato kepada parlemen Rusia 2018 lalu....

sains | 18:26 WIB

Berikut adalah sederet mitos tentang daging kambing yang banyak dipercaya masyarakat. Benarkah?...

sains | 10:19 WIB

Apakah kalian tahu apa perbedaan antara pandemi dan endemi? Simak penjelasannya di sini....

sains | 20:20 WIB

Prosedur bariatrik ramai disorot setelah beberapa seleb Indonesia diketahui menjalani tindakan medis ini....

sains | 17:01 WIB

Begini akal-akalan Toyota untuk memikat orang agar tertarik dengan mobil listrik. Seperti apa?...

sains | 10:25 WIB

SATRIA adalah satelit yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia....

sains | 15:42 WIB

Satelit Satria-1 milik Indonesia akhirnya berhasil diluncurkan, diklaim sebagai terbesar di Asia....

sains | 15:59 WIB

Simak penjelasan apa itu El Nino lengkap dan dampak hingga potensi bahayanya bagi Indonesia....

sains | 15:48 WIB

Sering berlama-lama di depan monitor atau ponsel? Leher terasa kaku bahkan cenderung nyeri?...

sains | 16:38 WIB

Apa saja tanda-tanda rabies pada anjing? Awas jangan sampai terkena gigitanya, ya! Bisa fatal!...

sains | 13:09 WIB
Tampilkan lebih banyak