Sains

Ternyata Ini Fungsi Lengan Kecil T-Rex

Terlihat tidak proporsional, namun ada fungsi lengan kecil T-Rex.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Tyrannosaurus atau T-Rex. (pixabay)
Ilustrasi Tyrannosaurus atau T-Rex. (pixabay)

Hitekno.com - Selama ini diketahui kalau Dinosaurus Tyrannosaurus Rex atau T-Rex memiliki lengak kecil. Namun apa fungsi lengan kecil T-Rex tersebut?

Lengan kecil T-Rex tersebut memang terlihat aneh, untuk apa ia membutuhkan bagian tubuh yang mungil dibandingkan tubuhnya yang besar.

Namun penelitian terbaru berhasil mengungkap fungsi lengan kecil T-Rex tersebut. Menurut para ilmuwan, lengan kecil untuk menggenggam erat pasangannya saat berhubungan seks.

Dinosaurus pemangsa raksasa yang ditemukan di Amerika Selatan juga memiliki anggota tubuh bagian atas yang pendek secara tidak proporsional.

Dinamakan Meraxes gigas, tengkoraknya dihiasi dengan jambul, alur, tonjolan, dan tanduk kecil. Panjangnya mencapai 36 kaki dan beratnya 4 ton.

Spesies baru ini membantu menjelaskan tujuan yang tepat dari hewan langka T-Rex yang tidak biasa dan telah membingungkan ahli paleontologi selama beberapa dekade.

Meraxes termasuk dalam kelompok theropoda bipedal yang sebagian besar besar yang dikenal sebagai carcharodontosaurids.

Semakin besar kepala mereka, semakin kecil lengan mereka. Hal yang sama berlaku untuk T-Rex.

Meraxes gigas. [Current Biology]
Meraxes gigas. [Current Biology]

Pemimpin proyek Dr Juan Canale, dari Museum Paleontologi Ernesto Bachmann di Neuquen, Argentina, mengatakan mereka jelas tidak berguna untuk berburu.

"Tindakan yang terkait dengan pemangsaan kemungkinan besar dilakukan oleh kepala. Saya cenderung berpikir bahwa lengan mereka digunakan dalam jenis kegiatan lain," katanya.

Meraxes hidup 90 juta tahun yang lalu di wilayah Patagonia utara saat ini di Argentina. Itu berusia sekitar 45 tahun ketika meninggal dan memiliki keluarga besar.

"Kelompok ini berkembang dan mencapai puncak keanekaragaman sesaat sebelum punah," ujar Dr Juan Canale dilansir laman Metro.uk, Senin (11/7/2022).

Menurutnya, mereka mungkin menggunakan lengan untuk perilaku reproduksi, seperti memegang betina saat kawin atau menopang diri mereka sendiri untuk berdiri kembali setelah istirahat atau jatuh.

Studi di Current Biology menemukan T-Rex dan Meraxes berevolusi untuk memiliki lengan kecil secara independen.

"Fosil Meraxes menunjukkan yang belum pernah terlihat sebelumnya, wilayah lengkap kerangka, seperti lengan dan kaki yang membantu kami memahami beberapa tren evolusi dan anatomi Carcharodontosaurids - kelompok yang termasuk di dalamnya," dia menerangkan.

Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Jill White)
Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Jill White)

Jadi Dinosaurus T-Rex tidak mendapatkan lengan pendeknya dari Meraxes atau sebaliknya. Mereka juga sangat berjauhan di pohon evolusi.

"Tidak ada hubungan langsung antara keduanya," tegas Dr Juan Canale.

Dia percaya memiliki lengan kecil dinosaurus ini memberi keduanya semacam keuntungan bertahan hidup.

"Saya yakin lengan kecil yang proporsional itu memiliki semacam fungsi. Kerangka menunjukkan penyisipan otot besar dan korset dada berkembang penuh, sehingga lengan memiliki otot yang kuat," jelasnya.

Itu berarti lengannya tidak menyusut karena tidak berguna bagi makhluk itu.

Pertanyaan yang lebih sulit adalah apa sebenarnya fungsinya. Seks dan keseimbangan adalah yang paling mungkin.

Hiasan kepala Meraxes yang spektakuler mungkin digunakan untuk menarik calon pasangan.

"Ornamen-ornamen itu muncul terlambat dalam perkembangan ketika individu menjadi dewasa," ungkap dia.

Seleksi seksual adalah kekuatan evolusi yang kuat. Tetapi mengingat bahwa kita tidak dapat secara langsung mengamati perilaku mereka, tidak mungkin untuk memastikan hal ini.

Itulah penelitian baru yang mengungkap fungsi lengan kecil T-Rex tersebut. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait