Sains

Penelitian Terbaru, Manusia Bisa Berlari Lebih Cepat dari T-rex

Para ilmuwan di Belanda mengembangkan metode baru untuk memperkirakan kecepatan berjalan T-rex.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Katie Rose)
Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Katie Rose)

Hitekno.com - Penelitian terbaru mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa Tyranosaurus rex yang merupakan predator menakutkan memiliki kecepatan berjalan dengan kecepatan 4,6 kilometer per jam. 

Para ilmuwan di Belanda mengembangkan metode baru untuk memperkirakan kecepatan berjalan T-rex berdasarkan analisis spesimen yang diawetkan.

Tim mengatakan perkiraan kecepatan baru hewan purba tersebut memiliki kecepatan yang mirip dengan kecepatan berjalan alami burung emu, gajah, kuda, dan bahkan manusia. Angka yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Studi sebelumnya memperkirakan kecepatan berjalan T-rex dan dinosaurus bipedal lainnya antara dua hingga tiga meter per detik atau sekitar dua kali lipat dari perkiraan baru ini.

"Tidak seperti penelitian kami, penelitian sebelumnya ini tidak bertujuan untuk memperkirakan kecepatan yang biasa digunakan T-rex," kata Pasha van Bijlert dari VU Amsterdam, dikutip dari Daily Mail, Kamis (22/4/2021).

Dengan menggunakan spesimen yang diawetkan bernama Trix, fosil T-rex betina sepanjang 13 meter tersebut memungkinkan para ahli merekonstruksi ekornya secara 3D.

Kecepatan lari T-Rex. [Royal Society Open Science]
Kecepatan lari T-Rex. [Royal Society Open Science]

Para ahli memperkirakan ritme ekor bergoyang T-rex yang dikombinasikan dengan panjang langkahnya.

Dinosaurus yang berjalan dengan dua kaki seperti T-rex memiliki ekor yang digantung oleh ligamen. Artinya, ekor akan bergoyang ke atas dan ke bawah setiap hewan itu melangkah.

Dengan mencocokkan kecepatan berjalan T-rex dengan frekuensi goyangan ekornya, para ahli menemukan kecepatan umum saat dinosaurus itu berjalan yaitu 1,28 meter per detik.

"Sepertinya T-rex bukanlah pejalan kaki yang sangat cepat," tambah van Bihlert dalam studinya yang telah dipublikasikan di Royal Society Open Science.

Berdasarkan kecepatan dari penelitian tersebut, manusia mungkin saja bisa berlari lebih cepat dari T-rex yang lebih menyukai berjalan dengan "santai" seperti itu. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait