Sains

Cetak Sejarah Baru, NASA Konfirmasi Temuan 5 Ribu Planet Ekstrasurya

Dengan menemukan planet ekstrasurya, tim mencari tanda-tanda layak huni dari setiap planet tersebut.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi planet mirip Bumi. (ESO/L. Calçada via arstechnica)
Ilustrasi planet mirip Bumi. (ESO/L. Calçada via arstechnica)

Hitekno.com - NASA mengumumkan torehan sejarah dengan berhasil mengkonfirmasi lebih dari lima ribu planet ekstrasurya. Termasu di antaranya beberapa penemuan planet baru.

Dilaporkan Suara.com, NASA menyampaikan ada 65 planet dalam penemuan baru ini termasuk dalam planet ekstrasurya tersebut.

"Itu bukan hanya angka. Masing-masing dari planet itu adalah dunia baru yang misterius," kata Jessie Christiansen, pemimpin ilmu Exoplanet Archive, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (23/3/2022).

Eksoplanet pertama dikonfirmasi pada awal 1990an. Badan antariksa tersebut mengumumkan jumlah planet ekstrasurya telah mencapai 4.000 pada Juni 2019 dan butuh waktu kurang dari tiga tahun untuk menambahkan 1.000 planet ekstrasurya baru.

Seluruh planet asing tersebut ditemukan melalui data yang dikumpulkan oleh misi Teleskop Luar Angkasa Kepler, yang sekarang sudah pensiun dan Satelit Survei Transit Exoplanet (TESS), yang saat ini masih beroperasi.

Ilustrasi Exoplanet. [Shutterstock]
Ilustrasi Exoplanet. [Shutterstock]

Dengan menemukan planet ekstrasurya, tim mencari tanda-tanda layak huni dari setiap planet tersebut.

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) yang baru-baru ini diluncurkan diharapkan dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang planet ekstrasurya.

"Menurut saya, tidak menutup kemungkinan bahwa kita akan menemukan semacam kehidupan di suatu tempat," ucap Alexander Wolszczan, astronom dan penulis utama studi tentang planet ekstrasurya pertama yang dikonfirmasi pada tiga dekade lalu.

Hingga saat ini, para ahli belum secara pasti menemukan planet ekstrasurya yang mirip Bumi, meskipun ada beberapa planet potensial.

Itulah pencapaian baru yang disampaikan NASA soal konfirmasi penemuan planet ekstrasurya lebih dari lima ribu banyaknya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait