Sains

Sepanjang 2021, Ini 5 Makhluk Aneh yang Ditemukan di Laut Dalam

Ada SpongeBob dan Patrick yang ditemukan di laut dalam?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)
Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)

Hitekno.com - Sepanjang 2021 ini banyak penemuan tak terduga dari laut dalam. Termasuk beberapa makhluk aneh yang tidak diduga ada di salan.

Sampai saat ini, laut dalam masih menjadi salah satu tempat paling misterius di Bumi. Karena menyimpan berbagai makhluk aneh yang belum diketahui.

Setiap tahun, para peneliti menangkap rekaman luar biasa dari hewan yang tampak asing dan spesies baru yang aneh yang bersembunyi di kedalaman.

Dilansir laman Livescience, Rabu (29/12/2021), berikut adalah daftar 5 makhluk aneh terdapat di laut dalam yang terlihat pada 2021:

1. Ubur-ubur merah darah

Ubur-ubur merah darah. [NOAA]
Ubur-ubur merah darah. [NOAA]

Pada Agustus lalu, para peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengumumkan penemuan spesies ubur-ubur merah darah yang baru dan tidak disebutkan namanya.

Menurut para peneliti, ubur-ubur merah tua kemungkinan milik genus Poralia.

Mereka pertama kali melihat jeli baru pada 28 Juli menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) di kedalaman sekitar 2.300 kaki (700 meter) di lepas pantai Newport, Rhode Island.

Banyak makhluk laut dalam telah berevolusi dengan warna merah yang sama karena panjang gelombang cahaya merah tidak menembus ke laut dalam.

Ini berarti bahwa hewan merah tampak hitam karena tidak ada cahaya merah untuk dipantulkan kembali ke arah pemangsa potensial.

2. Gurita kaca yang sukar dipahami

Juga pada Agustus, para peneliti dari Schmidt Ocean Institute (SOI) merilis rekaman gurita kaca yang sulit ditangkap (Vitreledonella richardi) di lepas pantai Kepulauan Phoenix yang terpencil, sebuah kepulauan yang terletak lebih dari 3.200 mil (5.100 km) timur laut Sydney, Australia.

Cephalopoda tembus pandang awalnya ditemukan selama 34 hari ekspedisi Samudra Pasifik Tengah di atas kapal penelitian Falkor milik SOI.

Ilmuwan onboard melihat makhluk itu menggunakan ROV SuBastian, yang menghabiskan total 182 jam memindai dasar laut selama ekspedisi.

Seperti makhluk "kaca" lainnya, gurita kaca hampir sepenuhnya transparan, dengan hanya mata silinder, saraf optik, dan saluran pencernaan yang tampak buram.

3. Ikan paus yang berubah bentuk

Ikan paus berubah bentuk, Cetomimiformes. [Twitter/@MBARI_News]
Ikan paus berubah bentuk, Cetomimiformes. [Twitter/@MBARI_News]

Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) merilis rekaman pada Agustus yang menunjukkan ikan paus betina berwarna oranye terang (dari ordo Cetomimiformes) sekitar 6.600 kaki (2.013 m) di lepas pantai Monterey Bay, California.

Sangat sedikit yang diketahui tentang ikan aneh ini karena tiga penampilan yang sangat berbeda dari juvenil (tapetails), jantan (bignoses) dan betina (whalefish).

Ketiga bentuk tersebut terlihat sangat berbeda sehingga para ilmuwan awalnya mengira mereka adalah tiga spesies berbeda.

Transformasi perubahan bentuk dari remaja menjadi betina dewasa diyakini sebagai salah satu yang paling ekstrem di antara semua vertebrata.

"Ikan paus jarang terlihat hidup di kedalaman, begitu banyak misteri yang tersisa mengenai ikan yang luar biasa ini," cuit Monterey Bay Aquarium Research Institute.

4. 'Kaisar Dumbo'

Pada Mei, para peneliti melaporkan penemuan spesies baru gurita Dumbo (Grimpteuthis imperator), yang dijuluki "Kaisar Dumbo" oleh para peneliti.

Para peneliti menemukan makhluk yang menggemaskan itu pada 2016, ketika mereka secara tidak sengaja menyeretnya ke permukaan dengan jaring, saat berada di atas kapal penelitian Jerman Sonne selama ekspedisi Kepulauan Aleutian di Laut Bering.

Spesies gurita dumbo dapat diidentifikasi dengan anyaman seperti payung yang bergabung dengan tentakel mereka dan sirip, seperti telinga kartun menyerupai telinga besar pada gajah Disney yang terkenal.

"Itu adalah penemuan yang sangat beruntung karena kami tidak benar-benar mencarinya. Plus, keseluruhan hewan itu muncul ke permukaan dalam keadaan utuh," Alexander Ziegler, seorang peneliti di Universitas Friedrich Wilhelm di Bonn, Jerman, dan kepala ilmuwan di kapal penelitian, mengatakan kepada Live Science.

5. SpongeBob dan Patrick di kehidupan nyata

SpongeBob dan Patrick di kehidupan nyata. [Twitter/@echinoblog]
SpongeBob dan Patrick di kehidupan nyata. [Twitter/@echinoblog]

Pada Agustus, NOAA merilis foto lucu dari rekan-rekan kehidupan nyata dari kartun sahabat SpongeBob Squarepants dan Patrick Star berdampingan di dasar laut.

Gambar spons kuning persegi dan bintang laut merah muda berujung lima diambil oleh ROV pada 27 Juli, pada kedalaman 6.184 kaki (1.885 m) selama ekspedisi Retriever Seamount di lepas pantai New England.

"Spons itu [dalam] genus Hertwigia dan bintang laut [dalam] genus Chondraster," Christopher Mah, ahli biologi kelautan di Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian yang pertama kali membuat perbandingan di Twitter, mengatakan kepada Live Science.

Spesies pastinya tidak jelas, dan mereka bisa menjadi hal baru bagi dunia sains.

Itulah lima penemuan makhluk aneh di laut dalam sepanjang 2021 ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait