Sains

Manfaat Energi Matahari untuk Kehidupan Sehari-hari, Bukan Hanya Menerangi

Matahari merupakan sumber energi yang berjumlah sangat besar, pasti ada manfaatnya dong.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi matahari. (pixabay/3938030)
Ilustrasi matahari. (pixabay/3938030)

Hitekno.com - Matahari menjadi bagian penting dalam keberlangsungan kehidupan di Bumi. Bukan sekadar memberikan penerangan saat siang, ada banyak manfaat energi Matahari bagi kehidupan sehari-hari.

Matahari merupakan sumber energi yang berjumlah sangat besar, dan bersifat terus-menerus (tidak habis). Khususnya energi elektromagnetik yang dipancarkan oleh Matahari. Lantas, apa saja manfaat energi Matahari?

Penggunaan tenaga Matahari tidak membutuhkan pembakaran sehingga tidak menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca. Lantas, apa saja manfaat energi Matahari untuk kehidupan sehari-hari?

Manfaat Energi Matahari

Melansir laman Ditjenppi.menlhk.go.id, pemanfaatan energi Matahari dilakukan dengan cara mengubah sinar Matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.

Pemanfaatan tenaga surya ini dilakukan dengan mengubah sinar Matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik. Dua tipe dasar tenaga Matahari adalah sinar Matahari dan photovoltaic, yaitu tenaga Matahari.

Bahan dasar yang digunakan untuk menangkap sinar Matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor.

Pada umumnya, bahan yang digunakan adalah bahan silikon yang verwarna hitam. Bahan dasar silikon ini dibuat menjadi sebuah lempengan dan dipasangi tiang agar bisa diarahkan langsung pada Matahari.

Video timelapse Matahari. (YouTube/ NASA Goddard)
Video timelapse Matahari. (YouTube/ NASA Goddard)

Silikon merupakan bahan yang dapat merefleksikan Matahari seperti kaca. Cara kerja lempengan silikon kaca atau yang bisa disebut sebagai solar panel adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya Matahari ke satu garis atau titik.

Kemudian konsentrasi cahaya Matahari akan menghasilkan panas. Lalu, panas yang dihasilkan akan digunakan untuk menghasilkan uap panas. Panasnya tekanan oleh uap yang digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik.

Manfaat energi Matahari yang selanjutnya adalah dapat memberi penerangan bagi manusia. Coba bayangkan, jika tidak ada energi Matahari yang berupa cahaya, maka dunia akan gelap gulita.

Kemudian, seluruh manusia tidak akan mampu melihat apapun yang ada di lingkungan sekitarnya. Hal ini tentunya berbeda dengan sumber cahaya dari lampu yang tentunya akan memerlukan energi listrik terlebih dahulu.

Kemudian, manfaat energi Matahari yang sedang banyak dibahas adalah kendaraan tenaga surya. Kendaraan tenaga surya diyakini akan menjadi alat transportasi yang banyak digunakan di masa depan.

Namun, penggunaannya tentu saja hanya bagi orang yang memilikinya saja. Pasalnya, kendaraan bertenaga surya hingga saat ini masih belum tersedia secara luas.

Itulah berbagai manfaat energi Matahari yang berdampak pada kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat! (Suara.com/ Rishna Maulina Pratama).

Berita Terkait