Sains

Apakah Gerhana Matahari Total 4 Desember Bisa Dilihat dari Indonesia?

Ini penjelasan LAPAN soal Gerhana Matahari Total 4 Desember besok.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Gerhana Matahari. (Shutterstock)
Ilustrasi Gerhana Matahari. (Shutterstock)

Hitekno.com - Fenomena astronomi Gerhana Matahari total akan terjadi besok pada 4 Desember 2021. Akankah Gerhana Matahari Total 4 Desember ini akan bisa diamati dari Indonesia?

Gerhana Matahari adalah fenomena astronomi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari dalam satu garis lurus, sehingga menghasilkan bayangan di Bumi.

Mengingat diameter Bulan yang kecil dan memiliki jarak cukup jauh dari Bumi, jalur Gerhana Matahari Total menjadi sangat sempit ketika berada di permukaan Bumi.

Oleh karena itu, hanya wilayah yang dilalui jalur gerhana yang bisa melihat fenomena astronomi Gerhana Matahari ini.

Sayangnya, menurut LAPAN, Indonesia tidak bisa mengamati Gerhana Matahari total 4 Desember 2021 karena tidak dilalui oleh jalur gerhananya.

Jalur Gerhana Matahari Total 100 persen hanya akan melintasi Benua Antartika.

Menurut Info Astronomy, wilayah-wilayah yang bisa mengamati gerhana Matahari parsial mencakup Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan (97 persen), Saint Helena (52 persen), Selandia Baru (46 persen), Australia (43 persen), Kepulauan Falkland (28 persen), Argentina (20 persen), Chile (19 persen), Afrika Selatan (11 persen), dan Namibia (5 persen).

Proses Gerhana Matahari CIncin. [Timeanddate]
Proses Gerhana Matahari CIncin. [Timeanddate]

Pada wilayah tersebut, Gerhana Matahari akan terjadi mulai pukul 10:59 WIB.

Gerhana Penuh akan terlihat pada sekitar pukul 12:30 WIB dan Gerhana akan berakhir pada pukul 15:07 WIB.

Selain wilayah yang disebutkan di atas tidak berkesempatan melihat Gerhana Matahari Total.

Jangan bersedih hati tak bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total 4 Desember karena NASA akan menyiarkan fenomena tersebut secara langsung dari Union Glacier, Antartika, melalui saluran YouTube NASA Live.

Siaran ini akan dimulai pada pukul 13:30 WIB. LAPAN menyebut bahwa Gerhana Matahari ini akan menjadi gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam seri Saros ke-152.

Sebelumnya, gerhana seri ini terjadi pada 23 November 2003 dan akan terjadi lagi pada 15 Desember 2039 serta 26 Desember 2057.

Itulah penjelasan LAPAN kalau fenomena astronomi Gerhana Matahari Total 4 Desember tidak bisa diamati dari Indonesia. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait