Sains

Usai Gempa M 7,4 Guncang NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Masyarakat diminta untuk waspada dan bersiap mengikuti arahan peringatan dini tsunami BPBD, BNPB dan BMKG.

Agung Pratnyawan

Peringatan Dini Tsunami BMKG hari ini 14 Desember 2021. (BMKG)
Peringatan Dini Tsunami BMKG hari ini 14 Desember 2021. (BMKG)

Hitekno.com - Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/2021) sekitar pukup 11.20 WITA atau 10.20 WIB. Usai terjadi gempa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini Tsunami.

Melalui akun Twitter resmi BMKG disampaikan peringatan dini tsunami dan beberapa informasi lokasi gempa hingga wilayah berpotensi bahaya.

"Tsunami akibat Gmp Mag:7.4SR, telah terdeteksi di MARAPOKOT(10:36WIB)0.07m REO(10:39WIB)0.07m" tulis BMKG melalui Twitter (14/12/2021).

Secara berkala, BMKG memberikan update peringatan dini Tsunami berdasarkan pemantauan mereka. Baik melalui akun Twitter resmi, maupun situs resmi peringatan dini yang beralamatkan di https://warning2.bmkg.go.id/ 

Disebutkan kalau lokasi gempa dengan magnitudo 7,4 SR tersebut terjadi di 113 KM Barat Laut Larantuka, NTT. Diumumkan pula kalau gempa ini berpotensi memicu Tsunami, karenanya BMKG meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaanya.

Peringatan Dini Tsunami BMKG hari ini 14 Desember 2021. (BMKG)
Peringatan Dini Tsunami BMKG hari ini 14 Desember 2021. (BMKG)

Dalam situs resmi peringatan dini ini, BMKG menyampaikan daerah mana saja yang berpotensi terjadi tsunami berdasarkan pemodelan.

Beberapa wilayah yang berpotensi ini antara lain:

  • Flores Timur bagian Utara (NTT)
  • Pulau Sikka (NTT)
  • Sikka bagian utara (NTT)
  • Pulau Lembat (NTT).

Wilayah-wilayah tersebut mendapatkan status peringatan Waspada. Karenanya masyarakat diminta untuk waspada dan bersiap mengikuti arahan peringatan dini tsunami BPBD, BNPB dan BMKG.

Sampai berita ini diturunkan, tim HiTekno.com masih memantau perkembangan dari peringatan dini Tsunami yang dikeluarkan BMKG. 

Berita Terkait