Sains

2 Fungsi Pankreas dalam Tubuh Manusia yang Harus Diketahui

Berikut ini penjelasan fungsi pankreas dalam tubuh manusia.

Agung Pratnyawan

Organ tubuh manusia. (Pixabay)
Organ tubuh manusia. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah kamu tahu fungsi pankreas dalam tubuh manusia termasuk kita? Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang terletak di perut. 

Fungsi pankreas penting dalam tubuh adalah untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk sel-sel tubuh.

Dikutip dari columbiasurgery.org, pankreas memiliki dua fungsi yang utama yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan fungsi pakreas berikut. 

Fungsi Pankreas

Pankreas yang sehat menghasilkan bahan kimia yang benar dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk mencerna makanan yang kita makan.

Seperti yang dijelaskan oleh columbiasurgery.org, pankreas memiliki dua fungsi utama yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin. Yuk kita ketahui dua fungsi pankreas ini.

1. Fungsi Exocrine

Pankreas mengandung kelenjar eksokrin yang menghasilkan enzim penting untuk pencernaan. Enzim ini termasuk trypsin and chymotrypsin untuk mencerna protein; amilase untuk pencernaan karbohidrat; dan lipase untuk memecah lemak.

Ketika makanan memasuki perut, jus pankreas ini dilepaskan ke dalam sistem saluran yang memuncak di saluran pankreas utama. Saluran pankreas bergabung dengan saluran empedu umum untuk membentuk ampula Vater yang terletak di bagian pertama usus kecil, yang disebut duodenum. 

Saluran empedu umum berasal dari hati dan kantung empedu dan menghasilkan jus pencernaan penting lainnya yang disebut empedu. Jus pankreas dan empedu yang dilepaskan ke duodenum, membantu tubuh untuk mencerna lemak, karbohidrat, dan protein.

2. Fungsi Endokrin

Komponen endokrin pankreas terdiri dari sel-sel islet (pulau Langerhans) yang membuat dan melepaskan hormon penting langsung ke dalam aliran darah. 

Dua hormon pankreas utama adalah insulin, yang bertindak untuk menurunkan gula darah, dan glukagon, yang bertindak untuk meningkatkan gula darah. Mempertahankan kadar gula darah yang tepat sangat penting untuk fungsi organ-organ kunci termasuk otak, hati, dan ginjal.

Organ tubuh manusia. (Pixabay)
Organ tubuh manusia. (Pixabay)

Penyakit Pankreas

Gangguan yang mempengaruhi pankreas termasuk pankreatitis, kondisi prakanker, dan kanker pankreas. Setiap gangguan dapat menunjukkan gejala yang berbeda dan memerlukan perawatan yang berbeda.

Lokasi Pankreas

Pankreas terletak di belakang perut di perut kiri atas. Hal ini dikelilingi oleh organ-organ lain termasuk usus kecil, hati, dan limpa. Panjangnya spons, sekitar enam hingga sepuluh inci, dan berbentuk seperti pir datar atau ikan yang diperpanjang secara horizontal di perut. Bagian lebar, yang disebut kepala pankreas, diposisikan ke arah pusat perut.

Kepala pankreas terletak pada titik di mana perut bertemu dengan bagian pertama dari usus kecil. Di sinilah, fungsi pankreas bekerja membantu perut mengosongkan sebagian makanan yang dicerna ke dalam usus, dan pankreas melepaskan enzim pencernaan ke dalam kandungan ini. Bagian tengah pankreas disebut leher atau tubuh. Ujung tipis disebut ekor dan memanjang ke sisi kiri.

Beberapa pembuluh darah utama mengelilingi pankreas, arteri mesenterika superior, vena mesenterik superior, vena portal dan sumbu celiac, memasok darah ke pankreas dan organ perut lainnya. Hampir semua pankreas (95%) terdiri dari jaringan eksokrin yang menghasilkan enzim pankreas untuk pencernaan.

Jaringan yang tersisa terdiri dari sel-sel endokrin yang disebut pulau Langerhans. Kelompok sel ini terlihat seperti anggur dan menghasilkan hormon yang mengatur gula darah dan mengatur sekresi pankreas.

Demikian penjelasan singkat mengenai fungsi pankreas. Mari kita jaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

Itulah penjelasan megnenai fungsi pankreas dalam tubuh manusia. Karena penting, mari kita menjaga kesehatan dengan makanan sehat dan bergizi. (Suara.com/ Mutaya Saroh).

Berita Terkait