Sains

Kesuksesan Jeff Bezos Terbang ke Antariksa Sabet 4 Rekor Dunia Sekaligus

Rekor dunia apa saja yang dicatat Guinness World Record dari penerbangan Jeff Bezos dengan Blue Origin.

Agung Pratnyawan

Jeff Bezos bersama crew Pesawat Blue Origin. (Twitter/@BlueOrigin)
Jeff Bezos bersama crew Pesawat Blue Origin. (Twitter/@BlueOrigin)

Hitekno.com - Blue Origin, perusahaan antariksa milik Jeff Bezos ini telah sukses melakukan penerbangan ke tepi luar angkasa pada Juli 2021 silam.

Dalam penerbangan tersebut membawa juga Jeff Bezos beserta beberapa warga sipil lainnya.

Kesuksesan penerbangan Jeff Bezos bersama Blue Origin ini ternyata menjadi peristiwa bersejarah bahkan tercatat menyabet beberapa rekor dunia sekaligus.

Guinness World Records mencatat setidaknya ada empat rekor dunia yang sukses didapatkan dalam penerbangan tersebut.

Penerbangan ke antariksa dengan roket New Shepard ini melibatkan Jeff Bezos selaku pendiri Blue Origin dan tiga warga sipil lain, Mark Bezos, Wally Funk, dan Oliver Daemen.

Tercatat peristiwa ini membuat empat rekor baru, yaitu orang tertua yang terbang ke luar angkasa, orang termuda yang pergi ke luar angkasa, saudara pertama yang terbang bersama ke luar angkasa, dan penerbangan sub orbital pertama yang membawa pelanggan berbayar.

Melansir Spaces, Minggu (10/10/2021), Guinness World Record mengatakan, rekor orang tertua yang pernah ke luar angkasa dipecahkan oleh Wally Funk.

Jeff Bezos bersama crew Blue Origin. (Blue Origin)
Jeff Bezos bersama crew Blue Origin. (Blue Origin)

Perempuan berusia 82 tahun ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Astronot NASA, John Glenn yang berusia 77 tahun, ketika ia terbang ke luar angkasa pada Oktober 1998 sebagai bagian dari misi STS-95 NASA di atas pesawat ulang-alik Discovery.

Penerbangan Blue Origin ini juga menjadikan rekor pribadi bagi Funk, di mana ia berhasil mencapai tujuan seumur hidupnya untuk terbang ke luar angkasa pertama kali.

Sedangkan rekor orang termuda yang pernah ke luar angkasa diberikan ke Oliver Daemen. Lelaki 18 tahun ini juga menjadi pelanggan pertama yang bersedia membayar tiket untuk terbang ke antariksa.

Tiket Daemen sendiri dibayar oleh ayahnya, Joes Daemen, yang juga CEO dari perusahaan ekuitas swasta asal Belanda, Somerset Capital Partners. Daemen yang sekarang menjadi mahasiswa di University of Utrecht menyatakan penerbangan tersebut telah mengubah hidupnya.

Rekor saudara pertama yang terbang ke luar angkasa bersama-sama dipegang oleh Jeff Bezos dan adiknya, Mark Bezos. Keduanya bersamaan terbang ke luar angkasa, di mana itu jadi impian Bezos sejak kecil.

Lebih lanjut, Blue Origin telah merencanakan penerbangan antariksa berawak untuk kedua kalinya pada 12 Oktober. Penerbangan ini sudah menunjuk tiga dari empat awak, yakni Chris Boshuizen, Glen de Vries, dan William Shatner.

William Shatner yang kini berusia 90 tahun akan memecahkan rekor dunia baru sebagai orang tertua yang terbang ke luar angkasa. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait