Sains

Peringatan Ilmuwan: Waspadai Badai Terburuk selama 170 Tahun Terakhir

Ilmuwan memperkirakan menjadi badai yang paling berbahaya selama 170 tahun terakhir.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi badai. (Pixabay)
Ilustrasi badai. (Pixabay)

Hitekno.com - Para ilmuwan mengeluarkan peringatan akan bahaya Badai Ida, yang dilaporkan tengah menuju wilayah Louisiana, Amerika Serikat.

Pasalnya Badai Ida ini diprediksi menjadi salah satu badai terburuk dalam 170 tahun terakhir yang pernah melanda Amerika Serikat.

Puluhan ribu warga Amerika Serikat telah pergi dari negara bagian sebagai antisipasi karena daerah yang sama dirusak oleh Badai Katrina pada 16 tahun lalu.

Gubernur setempat, John Bel Edwards, mengatakan badai itu bisa lebih mematikan daripada Katrina, yang menewaskan lebih dari 1.800 orang pada 2005.

"Anda harus bersiap sebaik mungkin karena cuaca akan mulai memburuk dengan sangat cepat besok," kata Bel Edwards selama konferensi pers pada Sabtu (28/8/2021).

National Hurricane Centre (NHC) telah mengklasifikasikan kategori 4 Badai Ida sebagai badai yang sangat berbahaya.

NHC mengatakan badai berpotensi menimbulkan bencana dan curah hujan sehingga menyebabkan banjir dan akan berdampak pada sebagian pantai Teluk utara.

Hurricane Ida. (NOAA)
Hurricane Ida. (NOAA)

Sementara itu, di negara bagian Mississippi, keadaan darurat telah diumumkan oleh gubernur setempat.

Badai meningkat lebih cepat dari yang diperkirakan. Hal ini menimbulkan ketakutan warga yang langsung segera dievakuasi dan banyak toko ditutup.

Bel Edwards menambahkan bahwa Louisiana tidak berencana untuk mengevakuasi rumah sakit yang dipenuhi oleh pasien Covid-19.

Negara bagian ini memiliki kasus Covid-19 tertinggi ketiga per 100.000 orang di Amerika Serikat selama tujuh hari terakhir.

"Kami telah berbicara dengan rumah sakit untuk memastikan generator mereka berfungsi, memiliki lebih banyak air daripada biasanya dan APD," tambah Edwards, dikutip dari Mirror, Senin (30/8/2021).

Para pejabat memerintahkan evakuasi luas dari dataran rendah dan daerah pesisir, mengingat Badai Ida adalah badai yang kuat dan berbahaya.

Presiden Joe Biden juga telah berkoordinasi dengan utilitas listrik dan 500 pekerja tanggap darurat federal di Texas dan Louisiana untuk menanggapi badai.

Menurut Saffir-Simpson Hurricane Wind Scale, badai dengan kategori 4 memiliki kecepatan angin 130 mph hingga 156 mph.

Badai ini akan menyebabkan kerusakan besar, termasuk kerusakan rumah, pemadaman listrik, hingga pohon tumbang.

Itulah laporan terkini Badai Ida yang menurut ilmuwan bisa jadi badai terburuk dalam 170 tahun terakhir. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait