Sains

5 Fakta Palung Mariana, Dalamnya Melibihi Tinggi Gunung Everest

Ketahui beberapa fakta Palung Mariana ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)
Ilustrasi laut dalam. (Pixabay/ Pete Linforth)

Hitekno.com - Palung Mariana disebut-sebut sebagai palung terdalam yang ada di dunia ini. Bahkan jika diukur melebihi tingginya gunung jika dibalik. Namun fakta Palung Mariana apa yang perlu diketahui?

Cek berikut ini beberapa fakta Palung Mariana yang harus kamu ketahui.

1. Kedalaman Palung Mariana

Mengutip dari National Geographic, kedalaman Palung Mariana lebih jauh dibandingkan Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Para ilmuwan memperkirakan kedalaman Palung Mariana sekitar 36.201 kaki atau 11.304 meter. Jauh dibandingkan ketinggian Gunung Everest yang hanya 29.035 kaki atau sekitar 8.850 meter.

Jika diposisikan terbalik di Palung Mariana, puncak tertinggi Gunung Everest hanya berada di kedalaman tujuh ribu kaki atau 2.133 meter di bawah permukaan air laut.

2. Letak Palung Mariana

Palung Mariana terletak di Samudera Pasifik bagian barat. Encyclopedia Britannica menuliskan Palung Mariana berbentuk cekungan melengkung dan membentang sejauh 1.580 mil atau sekitar 2.540 kilometer.

Disebutkan kalau palung ini memiliki ukuran lebar sekitar 43 mil atau setara dengan 69 kilometer.

Titik terdalam Palung Mariana terletak di Challenger Deep. Bentuknya seperti lembah berdinding curam dan terletak di dasar parit utama di sebelah barat daya Guam (pulau di Samudra Pasifik).

Palung Mariana. (Wikipedia/Kmusser)
Palung Mariana. (Wikipedia/Kmusser)

3. Siapa yang Menemukan Palung Mariana?

Palung terdalam ini disebut Palung Mariana karena letaknya yang berdekatan dengan Kepulauan Mariana. Palung Mariana pertama ditemukan pada 1875 dalam sebuah pelayaran keliling dunia. Palung ini ditemukan dengan menggunakan peralatan suara berupa HMS Challenger.

Pada 1960, kapal Bathyscaphe Trieste berhasil mencapai Challenger Deep, titik terdalam Palung Mariana. Kapal tersebut diawaki oleh Letnan Angkatan Laut Amerika Serikat Don Walsh serta ilmuwan Swiss bernama Jacques Piccard.

4. Mikroorganisme Laut

Diperkirakan ada lebih dari 200 mikroorganisme laut dan makhluk kecil yang bisa hidup di kedalaman Palung Mariana. Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi lebih dari 200 mikroorganisme yang ditemukan di lumpur Challenger Deep.

Beberapa mikroba yang bisa bertahan hidup di Palung Mariana menggantungkan hidupnya pada bahan kimia seperti metana atau belerang. Sejumlah organisme laut juga berburu dan memangsa organisme lainnya.

Sejauh ini ada tiga jenis organisme yang bisa ditemukan di dasar Palung Mariana, yakni xenophyophores, amphipoda, serta teripang kecil atau holothurians. Selain tiga organisme itu, para ilmuwan menemukan snailfish atau ikan siput. Ikan ini hidup di kedalaman delapan ribu meter atau 26.200 kaki.

5. Polutan

Penelitian dari Universitas Newcastle mengungkapkan di Palung Mariana juga ditemukan polutan, yakni bahan kimia buatan manusia yang telah dilarang penggunaannya pada 1970. Mayoritas bahan kimia tersebut bersembunyi di bagian terdalam lautan.

Saat ilmuwan mengambil sampel amphipoda dari Palung Mariana, diketahui jika tingkat polutan organik persistennya sangatlah tinggi. Tingkat kontaminasi di Palung Mariana bahkan setara dengan Teluk Suruga, zona industri paling tercemar di bagian Pasifik barat laut.

Itulah beberapa fakta Palung Mariana yang disebut-sebut terdalam di Bumi ini. (Suara.com/ Nadia Lutfiana Mawarni).

Berita Terkait