Sains

Teliti Kerangka Pria dengan Kaki Terbelenggu, Arkeolog Ungkap Fakta Ini

Sosok budak ini rupanya juga memiliki posisi yang tidak biasa dengan lengan yang terangkat.

Amelia Prisilia

Ilustrasi kerangka. (pixabay/makamuki0)
Ilustrasi kerangka. (pixabay/makamuki0)

Hitekno.com - Belum lama ini, arkeolog menemukan sebuah kerangka pria dalam wujud yang tidak biasa. Setelah ditemukan dan diteliti, arkeolog lalu mengungkap fakta mengejutkan dari penemuan kerangka dengan wujud tidak biasa ini.

Saat ditemukan, para arkeolog dibuat terkejut dengan bagian pergelangan kaki kerangka pria ini yang nampak terbelenggu dengan set besi mirip borgol masa kini.

Dilansir dari Live Science, usai diteliti, para arkeolog menyimpulkan jika pria ini adalah seorang budak yang menjadi korban atas kekuasaan yang begitu mendominasi kala itu.

Tidak hanya memiliki wujud tidak biasa dengan set besi yang membelenggu kakinya, sosok budak ini rupanya juga memiliki posisi yang tidak biasa dengan lengan yang terangkat.

Diduga kuat, sebelum akhirnya meninggal, pria ini dilempar atau dibuang ke dalam selokan dan tidak dikubur secara layak. Penemuan satu ini jelas menjadi hal baru untuk para arkeolog.

Kerangka pria dengan kaki terbelenggu. (MOLA)
Kerangka pria dengan kaki terbelenggu. (MOLA)

Arkeolog menyebut bahwa kerangka pria ini adalah penemuan pertama dengan belenggu di kakinya selama masa Inggris Romawi. Sebelumnya, kerangka pria ini ditemukan oleh seorang pekerja di pembangunan desa Great Casterton.

Penelitian mengungkap bahwa kerangka pria ini kemungkinan berasal pada tahun 226 hingga 427 masehi. Selama masa hidupnya, budak ini diduga kuat mengalami kekerasan fisik hingga menimbulkan peristiwa traumatis.

Melihat masa Kekaisaran Romawi, praktik perbudakan adalah hal yang biasa. Namun, penemuan kerangka dengan belenggu di kaki jelas adalah hal yang jarang ditemukan hingga saat ini.

Hingga kini, arkeolog terus melakukan penelitian lebih lanjut guna memahami secara sepenuhnya mengenai penyebab kematian kerangka pria dengan kaki terbelenggu ini.

Berita Terkait