Sains

Pakai Drone, YouTuber Rekam Letusan Gunung Api Ini

Perlahan, drone canggih ini melewati sungai lava mendidih dan kemudian mengarah ke dalam kawah gunung api.

Amelia Prisilia

Letusan gunung api Fagradalsfjall di Islandia. (youtube/Joey Helms)
Letusan gunung api Fagradalsfjall di Islandia. (youtube/Joey Helms)

Hitekno.com - Seorang YouTuber bernama Joey Helms belum lama ini mengunggah video drone miliknya yang berhasil merekam letusan gunung api yang ada di Islandia. Merelakan drone miliknya meleleh, YouTuber ini berhasil mendapat video menakjubkan ini.

Momen langka yang berhasil diambil YouTuber ini langsung mencuri perhatian usai diunggah ke channel miliknya beberapa waktu lalu. Berdasarkan unggahan di YouTube, video tersebut diunggah pada 26 Mei 2021 lalu.

Dilansir dari IFL Science, Joey Helms saat itu berniat untuk merekam letusan gunung api Fagradalsfjall di Islandia menggunakan drone canggih miliknya.

Perlahan, drone canggih ini melewati sungai lava mendidih dan kemudian mengarah ke dalam kawah gunung api. Berada terlalu dekat dengan kawah, drone ini lalu menabrak material vulkanik yang lalu melahapnya.

Dengan berat hati, Joey Helms harus merelakan drone DJI FPV seharga 1.765 dolar AS atau seharga Rp 25 juta ini ke inti gunung api Fagradalsfjall di Islandia tersebut.

Mengalami hal tidak terduga ini saat menerbangkan drone miliknya ke inti gunung api tersebut, Joey Helms mengaku jika dirinya ikhlas usai melihat hasil video yang ia dapatkan.

Sejak diunggah ke YouTube pada 26 Mei 2021 lalu, video rekaman letusan gunung api milik Joey Helms ini telah ditonton sebanyak lebih dari 1,5 juta kali.

Sebagai informasi, gunung api Fagradalsfjall meletus untuk pertama kalinya dalam 800 tahun pada 19 Maret 2021 lalu. Sejak saat itu, gunung api ini terus mengeluarkan letusan hebat yang masih belum berhenti hingga kini.

Wajar saja jika kemudian fenomena yang terjadi cukup jarang ini lalu membuat si YouTuber, Joey Helms tertarik merekam walau akhirnya harus mengikhlaskan drone mahal miliknya tersebut.

Berita Terkait