Sains

Bukan 4, Penelitian Terbaru Ungkap Samudra di Dunia Kini Ada 5

Samudra Selatan ini diketahui berada di sekitar Antartika dan membentang 60 derajat dari garis pantai hingga garis lintang.

Amelia Prisilia

Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)
Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)

Hitekno.com - Dalam ilmu pengetahuan yang selama ini dipahami, dunia memiliki total 4 samudra yang menyebar di seluruh penjuru Bumi. Terbaru, dalam penelitian yang dilakukan National Geographic, kini samudra di dunia menjadi 5.

Sama seperti yang selama ini dipelajari di sekolah, empat samudra di dunia antara lain Samudra Arktik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dilansir dari NBC News, dalam rangka Hari Laut Dunia beberapa waktu lalu, National Geographic menumumkan samudra baru yang dikenal sebagai Southern Ocean atau Samudra Selatan.

Samudra Selatan ini diketahui berada di sekitar Antartika dan membentang 60 derajat dari garis pantai hingga garis lintang. Batas Samudra Selatan tidak ditentukan oleh benua yang menjadi batas dari samudra lain.

Disebut oleh National Geographic, Samudra Selatan ditentukan oleh arus air di lingkar Kutub Selatan yang berpusat pada lintang 60 derajat.

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Dengan ukurannya ini, Samudra Selatan dapat dikatakan sebagai samudra terkecil kedia di dunia dan lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan Samudra Arktik.

Pemahaman National Geographic mengenai adanya samudra baru ini membuatnya otomatis berbeda pendapat dari Organisasi Hidrografi Internasional atau IHO yang hanya mengakui empat samudra di dunia.

Sebelumnya, informasi dan penemuan mengenai Samudra Selatan ini telah diajukan ke IHO sejak tahun 2000 lalu. Tujuannya adalah untuk diakui secara Internasional yang hingga kini masih belum didapatkan.

Perlu penelitian mendalam mengenai keberadaan Samudra Selatan sebagai samudra kelima di dunia. Masih belum juga menemukan titik terang, perlu menantikan keputusan resmi dari IHO untuk mengakui keberadaan Samudra Selatan ini ya.

Berita Terkait