Sains

Tidak Banyak yang Tahu, Ini 4 Fakta Mengejutkan Tentang Peta Dunia

Berikut 4 fakta mengejutkan tentang peta dunia yang tidak banyak diketahui.

Amelia Prisilia

Ilustrasi peta. (pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi peta. (pexels/Leah Kelley)

Hitekno.com - Bumi dikenal sebagai planet yang begitu luas yang tiap sudutnya tidak bisa ditelusuri secara langsung. Beruntung para ilmuwan menciptakan peta dunia untuk menunjukan seisi Bumi yang justru jauh dari jangkauan.

Dipetakan kedalam tampilan yang lebih mudah untuk dipahami, siapa sangka jika peta dunia justru menyimpan sejumlah fakta mengejutkan yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Dilansir dari Future Maps, berikut 4 fakta mengejutkan tentang peta dunia yang tidak banyak diketahui. Kira-kira, mana yang paling mengejutkan untukmu?

1. Tidak semua lokasi di peta ada di dunia nyata

Kartografer yang pertama kali menyusun peta dunia pada mulanya menggunakan alat-alat yang serba terbatas. Tidak mengejutkan jika ada kesalahan-kesalahan yang dibuat saat menyusun peta dunia ini.

Ilustrasi peta. (pexels/pixabay)
Ilustrasi peta. (pexels/pixabay)

 

Sebagai contoh, pada tahun 1798, peta pertama Afrika nampak menunjukan Pegunungan Kong. Namun, saat ditelusuri, Pegunungan Kong justru tidak bisa ditemukan oleh siapapun.

2. Ukuran di peta dunia tidak sama dengan di dunia nyata

Peta pada mulanya dibuat untuk memandu navigasi laut dengan ukuran yang sesuai. Namun, pada faktanya, ukuran di peta dunia justru sangat berbeda dengan yang ada di dunia nyata.

Mengenai hal ini, berdasarkan teknologi yang semakin canggih, ukuran lokasi di peta dunia lalu mulai untuk diperbaiki.

3. Utara tidak selalu berada di atas

Pada peta dunia, bagian utara selalu berada di bagian atas peta. Faktanya, bagian utara justru tidak selalu berada di atas. Dalam beberapa peta di tahun-tahun sebelumnya, bagian timur dan barat justru di tempatkan di atas.

Ilustrasi peta. (pexels/Dominika Roseclay)
Ilustrasi peta. (pexels/Dominika Roseclay)

 

Sebagai contoh, 1300 Christian Mappa Mundi menempatkan timur di bagian atas peta yang menunjuk ke arah Taman Eden di Yerusalem sebagai pusatnya.

4. Ada dua bagian utara di peta dunia

Jika selama ini banyak orang mengenal kutub utara sebagai sisi utara Bumi, faktanya justru ada dua bagian utara dalam peta. Bagian utara lainnya adalah Magnetik Utara yang menjadi arah ujung jarum di titik kompas.

Kedua sisi utara ini rupanya tidak berjalan bersama. Magnetik Utara justru bergerak hingga 25 mil per tahun dan kerap bertukar tempat dengan Magnetik Selatan.

Menjadi misteri dan tidak diketahui oleh banyak orang, itu tadi 4 fakta mengejutkan mengenai peta dunia. Mana dari 4 fakta di atas yang menarik untukmu?

Berita Terkait