Sains

Dilelang, Tulisan Tangan Rumus Albert Einstein Laku Rp 17 Miliar

Tulisan tangan ilmuwan terkemukan Albert Einstein mengandung persamaan E=mc2 ini dilelang.

Dinar Surya Oktarini

Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)
Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)

Hitekno.com - Rumah lelang RR di Boston, Amerika Serikat melelang tulisan tangan ilmuwan Albert Einstein terkait rumus temuannya yang populer. .

Tulisan tangan ini mengandung catatan tentang rumus E=mc2 yang menjadi temuan berharga Albert Einstein.

Dilansir Anadolu Agency, tulisan tangan tersebut laku dijual seharga 1,2 juta dolar atau sekitar Rp 17 miliar, tiga kali lipat dari harga yang diperkirakan.

Tulisan tangan dengan rumus tersebut merupakan bagian dari surat Albert Einstein ekpada ilmuwan Ludwik Silberstein. Tertanggal 26 Oktober 1946, surat itu ditulis Albert Einstein dalam bahasa Jerman.

Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)
Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)

Sementara itu, E=m2 adalah rumus persamaan yang pertama kali diterbitkan di jurnal ilmiah pada tahun 1905. Persamaan ini menjelaskan kaitan massa dan energi dalam ilmu fisika.

Albert Einstein sendiri merupakan salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia atas jasa-jasanya terhadap perkembangan ilmu fisika modern. Ia bahkan mendapatkan Hadiah Nobel pada tahun 1921.

Sementara itu tulisan tangan lain dari surat Einstein juga pernah laku terjual Rp 41,4 miliar.

Surat Tuhan yang ditulis pada 1954 itu sebelumnya diharapkan dilelang di New York mencapai 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 21,45 miliar (1 dolar AS = Rp 14.302).

Ilmuwan pemenang Hadiah Nobel berusia 74 tahun itu menulis catatan satu setengah halaman kepada filsuf Jerman Eric Gutkind sebagai tanggapan atas salah satu karyanya. Itu dilihat sebagai pernyataan kunci dalam perdebatan antara sains dan agama.

"Surat pribadi yang sangat jujur ini ditulis satu tahun sebelum kematian Einstein dan tetap menjadi ekspresi yang sepenuhnya diartikulasikan dari pandangan religius dan filosofisnya," demikian pernyataan dari Christie's.

Harga jualnya kini mencapai hampir dua kali lipat dari harga prediksi rumah lelang antara 1 hingga 1,5 juta dolar AS. Dalam surat itu, yang ditulis dalam bahasa aslinya Jerman, Einstein mengangkat masalah dengan keyakinannya pada Tuhan.

"Istilah Tuhan bagi saya tak lain adalah ekspresi dan produk kelemahan manusia, Alkitab adalah koleksi kebijaksanaan-kebijaksanaan tua tetapi primitif," tulis Einstein dalam surat itu

Fisikawan yanng diketahui berlatar belakang Yahudi itu mengaku tidak percaya Tuhan.

"Dan orang-orang Yahudi, dari mana saya berasal ... bagi saya mereka tak memiliki martabat yang berbeda dari orang lain. Sejauh pengalaman saya, mereka faktanya tak labih baik dari kelompok manusia lain," tulis Albert Einstein. (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait