Sains

Surat Lama Albert Einstein Akhirnya Ditemukan, Ungkap Hal Mengejutkan Ini

Surat lama Albert Einstein ini berisi jawaban mengenai pertanyaan ilmuwan Glyn Davys mengenai kemampuan burung.

Amelia Prisilia

Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)
Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)

Hitekno.com - Ilmuwan baru saja menemukan surat lama yang ditulis oleh fisikawan, Albert Einstein. Dalam surat yang ditulis tahun 1949 ini, terungkap hal mengejutkan mengenai hasil penelitian sosok jenius ini.

Dalam surat lawas ini, Albert Einstein mengungkap fakta mengejutkan mengenai kemampuan burung untuk dapat melihat medan magnet Bumi. Padahal pada masanya, ilmuwan belum juga memahami mengenai kemampuan burung ini.

Dilansir dari The Conversation, surat lama Albert Einstein ini berisi jawaban mengenai pertanyaan ilmuwan Glyn Davys mengenai kemampuan burung. Tidak hanya terbang, dalam surat ini diungkap kemampuan lain burung dalam bidang biologi dan fisika.

Dinilai dari jawaban Albert Einstein, Glyn Davys bertanya mengenai persepsi hewan terkait dengan kemampuan fisik. Sebelum diketahui banyak orang seperti sekarang ini, Albert Einstein memprediksi kemampuan burung yang baru diketahui di masa kini.

Menurut Albert Einstein, tingkah laku burung migran dan merpati pos pada suatu hari nanti dapat memberikan pemahaman mengenai beberapa proses fisik yang pada masanya masih belum diketahui.

Surat lama Albert Einstein tahun 1949. (The Hebrew University of Jerusalem)
Surat lama Albert Einstein tahun 1949. (The Hebrew University of Jerusalem)

Benar saja prediksi Albert Einstein ini, sekitar 70 tahun kemudian, banyak ilmuwan yang membuktikan kebenaran prediksi tersebut. Kemampuan fisik burung membuat hewan ini mampu merasakan medan magnet Bumi.

Kemampuan burung ini dilakukan dengan menggunakan fotoreseptor khusus di bagian mata hewan tersebut. Seperti yang diketahui, burung memiliki mata yang sensitif terhadap pergeseran halus medan magnet planet.

Sebagai informasi, beberapa hewan lain seperti penyu, anjing dan lebah juga memiliki kemampuan yang sama walaupun tidak menggunakan mata.

Setelah laporan ini diungkap, banyak ilmuwan yang terkejut mengenai prediksi Albert Einstein yang dapat memahami hal tersebut sebelum ada bukti empiris terkait kemampuan burung untuk melihat medan magnet Bumi ini.

Berita Terkait