Sains

Mengejutkan, Astronot Pamer Foto Bumi yang Nampak Mirip Planet Mars

Foto astronot ESA ini ia ambil dari jendela stasiun antariksa ISS atau International Space Station.

Amelia Prisilia

Foto Bumi mirip Planet Mars. (ESA/NASA–T. Pesquet)
Foto Bumi mirip Planet Mars. (ESA/NASA–T. Pesquet)

Hitekno.com - Astronot European Space Agency atau ESA, Thomas Pesquet sukses membuat publik terkejut usai membagikan foto Bumi yang justru nampak mirip dengan Planet Mars.

Hal ini jelas saja mengejutkan. Pasalnya, Bumi dan Planet Mars adalah dua planet yang berbeda. Jika Bumi begitu ramah untuk kehidupan manusia, Planet Mars justru adalah daerah kering yang berdebu.

Dilansir dari CNET, foto astronot ESA ini ia ambil dari jendela stasiun antariksa ISS atau International Space Station. Dalam foto tersebut nampak planet dengan berwarna merah dan kuning tua yang membentang sampai horison.

Saat pertama kali melihat wujud planet ini, Thomas Pesquet menyangka jika ISS tengah mengorbit Planet Mars. Betapa terkejutnya astronot ESA ini usai mengetahui jika planet yang ia foto adalah Bumi.

Penyebab foto Bumi yang nampak mirip Planet Mars ini rupanya disebabkan oleh angle foto Thomas Pesquet. Daerah di permukaan Bumi yang difoto astronot ini rupanya adalah wilayah gurun yang mencitrkan warna merah layaknya Planet Mars.

Foto Bumi mirip Planet Mars. (twitter/Thom_astro)
Foto Bumi mirip Planet Mars. (twitter/Thom_astro)

''Tidak terlihat awan dan warna merah serta kuning tua membentang sampai horison. Saya pikir ISS sedang mengorbit Planet Mars,'' ungkap Thomas Pesquet dikutip dari CNET.

Awan di sisi kanan foto ini menunjukan warna biru yang melengkung di bagian atas. Hal ini adalah tanda atmosfer Bumi yang lebih substansial. Diduga kuat, wilayah yang difoto Thomas Pesquet ini adalah pegunungan Tibesti di Chad dan Libya, Afrika Utara.

Sebagai informasi, Thomas Pasquet adalah astronot ESA yang telah berada di ISS sejak April 2021 lalu guna melakukan penelitian. Beberapa kali, astronot ini kerap membagikan foto Bumi dari luar angkasa.

Sempat membuat geger, foto Bumi yang nampak mirip Planet Mars ini akhirnya memiliki penjelasan resmi setelah diunggah astonot ESA, Thomas Pasquet beberapa waktu yang lalu.

Berita Terkait